5 Peluang Kerja Menarik untuk Kamu yang Lulusan Jurusan Multimedia

5 Peluang Kerja Menarik untuk Kamu yang Lulusan Jurusan Multimedia

Mengikuti perkembangan teknologi, media pun kini hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari cetak hingga digital, keperluan untuk membentuk kemasan media baru ini telah menciptakan peluang kerja yang luas bagi alumi jurusan multimedia.

Oleh karena itu, tak heran jika jurusan satu ini memiliki banyak peminat. Lulusannya memiliki daya saing yang cukup tinggi saat kelak terjun di pasar kerja.

Akan tetapi, apa, sih, yang dipelajari oleh anak-anak jurusan multimedia? Lalu, apa saja prospek karier yang menunggu lulusan program studi tersebut? Tenang, Glints sudah rangkum semuanya untukmu. Simak selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Jenis-Jenis Fotografi Paling Populer yang Wajib Diketahui Pemula

Seputar Jurusan Multimedia

Sebelum kita mengulas peluang kerja jurusan multimedia, kita harus membahas definisi serta materi perkuliahan yang tersedia di dalamnya.

Melansir laman Animation Career +Review, multimedia merupakan sebuah bidang yang berkaitan dengan penggunaan berbagai media untuk menyampaikan informasi ke publik, termasuk media digital dan cetak.

Maka dari itu, materi studi dalam jurusan ini umumnya sangat luas dan berkaitan dengan banyak hal, tergantung pada aspek media yang minati oleh mahasiswanya.

Seperti yang Glints jelaskan, materi yang dipelajari jurusan multimedia sangatlah beragam, mulai dari metode penyiaran televisi, ilmu perfilman, jurnalisme, produksi video, media interaktif, hingga animasi komputer.

Selain teori, bidang ini akan memberikan praktik langsung, seperti membuat website, membuat dan mengedit video, merancang desain grafis, membuat animasi, dan membuat konten lainnya untuk berbagai jenis media.

Prospek Kerja Jurusan Multimedia

peluang kerja jurusan multimedia

Seperti halnya fokus studi yang mereka miliki, peluang kerja yang dimiliki alumni jurusan multimedia dapat dikatakan cukup beragam.

Apalagi, jurusan satu ini juga mendorong mahasiswanya untuk melakukan analisis mendalam sebelum melakukan praktik lapangan.

Hasilnya, jurusan multimedia hampir selalu berhasil menciptakan lulusan siap kerja yang memiliki hard skills juga soft skills.

Nah, kira-kira, apa saja peluang karier yang dapat ditekuni oleh tamatan jurusan satu ini? Berikut lima contohnya yang telah Glints kurasikan untukmu.

1. Web designer

peluang kerja jurusan multimedia

Peluang kerja pertama yang siap menunggu lamaran alumni jurusan multimedia adalah web designer.

Posisi ini membutuhkan gabungan kemampuan desain & programming. Desain digunakan untuk membuat layout dan kemampuan programming berguna untuk meng-coding website.

Web designer juga bertanggung jawab untuk memperbarui konten dan desain website apabila dibutuhkan. Ingin bekerja sebagai web designer? Kamu bisa bergabung dengan berbagai perusahaan yang membuka lowongannya di kanal lowongan pekerjaan Glints. Daftar sekarang agar tidak ketinggalan!

2. Graphic designer

peluang kerja jurusan multimedia

Graphic designer atau desainer grafis bertanggung jawab membuat desain untuk keperluan publikasi di media cetak, website, poster, kemasan produk, serta membuat identitas visual untuk keperluan branding perusahaan.

Alur kerja biasanya dimulai dari brief yang diberikan oleh klien, creative director, atau account manager, dan desainer grafis akan mengembangkan konsep kreatif sesuai brief dan tujuan yang sudah diberikan.

Selain tantangan untuk bisa melahirkan ide-ide kreatif, desainer grafis juga dituntut untuk bisa bekerja dengan cepat dengan deadline yang ketat.

Hampir setiap jenis perusahaan membutuhkan seorang desainer grafis, karena itu peluang kerjanya bisa dibilang cukup terbuka lebar bagi lulusan studi multimedia.

Kamu yang berminat menjadi desainer grafis bisa bekerja di agensi untuk menangani klien, ataupun bekerja di perusahaan klien itu sendiri sebagai in-house graphic designer.

Kamu bisa, kok, kesempatan kariernya di Glints Jobs. Yuk, cek sekarang dan kirimkan lamaranmu!

3. Animator/illustrator

peluang kerja jurusan multimedia

Menurut Prospects UK, prospek karier jurusan multimedia berikutnya adalah animator dan illustrator. Kedua pekerjaan ini sama-sama membutuhkan daya imajinasi yang tinggi, sebuah kemampuan yang umumnya dimiliki lulusan studi multimedia.

Illustrator menggabungkan seni, desain, dan kreativitas untuk menghasilkan gambar visual orisinil untuk berbagai produk dan media.

Biasanya, setiap illustrator memiliki ciri khas dan gayanya sendiri yang membedakan karya mereka dari illustrator lain.

Berbeda dengan animator. Pekerjaan ini melibatkan seni membuat gambar bergerak atau animasi dalam bentuk 2 dimensi (2D) ataupun 3 dimensi (3D).

Karya para animator bisa digunakan untuk film, iklan, video, websitegames, dan banyak media lainnya.

4. Interactive media designer

Peluang kerja berikutnya untuk para lulusan jurusan multi media adalah sebagai interactive media designer.

Profesi satu ini bertanggung jawab untuk membuat desain interaktif yang melibatkan teks, data, grafis, suara, animasi, dan efek visual lainnya.

Pekerjaan ini dibutuhkan perusahaan untuk keperluan bisnis seperti membuat websitevideo games, materi pembelajaran online, dan lain-lain.

Peran interactive media designer kerap disandingkan dengan software developer, sehingga tak jarang mereka dibutuhkan untuk proses koding dan percobaan keseluruhan fungsi produk yang dirancang perusahaan.

BACA JUGA: 10 Teknik Fotografi ala Content Creator, Maksimalkan Kamera Ponsel

5. Game modeler/designer

Lulusan jurusan multimedia yang memiliki passion dengan gim kini bisa menyalurkan minat mereka menjadi pilihan karier.

Ya, pekerjaan sebagai game modeler atau designer umumnya akan mengutamakan mereka yang memegang ijazah studi multimedia, sesuai kata Masters Portal.

Posisi ini mencakup berbagai lingkup pekerjaan, seperti aturan, latar, alur cerita, karakter, properti, dan cara bermain game.

Di Indonesia, ada, lho, beberapa universitas yang menawarkan jurusan dan peminatan gaming.

Beberapa di antaranya yaitu Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Politeknik Elektro Negeri Surabaya (PENS).

Demikian penjelasan Glints terkait definisi dan lima peluang kerja bagi lulusan jurusan multimedia.

Peluang kerja jurusan tersebut terbilang amat luas. Adapun permintaan perusahaan atas karyawan di bidang ini juga cukup tinggi.

Maka dari itu, kamu yang berasal dari studi multimedia tak perlu khawatir. Sebab, ada beragam pekerjaan menarik dengan gaji tinggi yang sedang menunggu lamaranmu.

Yang penting jangan lupa untuk terus kembangkan skill dan asah pengetahuan multimediamu, ya!

Sumber: https://glints.com/id/lowongan/peluang-kerja-jurusan-multimedia/

Share