10 Tips Untuk Desain Web Terbaik Tahun 2022

10 Tips Untuk Desain Web Terbaik Tahun 2022

Desain web bertanggung jawab atas hampir 95% pada kesan pertama pengguna. Untuk situs web bisnis Anda, desain yang bagus dapat membantu Anda meningkatkan angka penjualan.

Sangat penting untuk mengintegrasikan desain web modern ke dalam strategi pemasaran Anda karena tren desain web saat ini memainkan peran kunci dalam tampilan web Anda.

Di era digital ini, orang umumnya bergantung pada Internet untuk membantu mereka melakukan tugas sehari-hari. Dari berbelanja dan pemasaran, hingga berkomunikasi dengan siapapun, orang selalu mencari Internet untuk mempermudah tugas mereka.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus tahu apakah website Anda memiliki tingkat konversi yang baik atau tidak. Dengan mengetahui banyak informasi itu, Anda pun juga harus mengetahui prosedur selanjutnya untuk meningkatkan situs web Anda.

Jika Anda tidak dapat menemukan jalan yang tepat untuk meningkatkannya, Anda dapat merekrut seseorang yang paham dengan desain situs web yang andal dan terukur .

BACA JUGA: 6 Tren Desain Web Tahun 2022

Namun, sebelum memutuskan langkah apa yang akan Anda ambil, Mari simak bahasan mengenai 10 tips terbaik untuk meningkatkan desain situs web Anda di tahun 2022 ini.

Artikel ini akan membantu Anda juga mengetahui definisi singkat dari desain web serta menjabarkan tips-tips berguna yang semoga salah satunya dapat menjadi pilihan untuk web yang yang Anda kelola.

Mengenal Apa Itu Desain Web

Desain web mengacu pada desain situs web yang ditampilkan di internet. Biasanya mengacu pada aspek pengalaman pengguna dari pengembangan situs web daripada pengembangan perangkat lunak.

Desain web dulu berfokus pada mendesain situs web untuk browser desktop. Namun, sejak pertengahan 2010-an, desain untuk peramban seluler dan tablet menjadi semakin penting.

Seorang desainer web bekerja pada tampilan, tata letak, dan dalam beberapa kasus juga mengelola konten situs web. Penampilan ini misalnya berkaitan dengan warna, font, dan gambar yang digunakan.

Tata letak mengacu pada bagaimana informasi terstruktur dan dikategorikan. Pada dasarnya desain web yang baik, mudah digunakan, menyenangkan secara estetika, dan sesuai dengan kelompok pengguna dan brand situs web.

Banyak halaman web dirancang dengan fokus pada kesederhanaan, sehingga tidak ada informasi dan fungsi asing yang mungkin mengganggu atau membingungkan pengguna yang muncul.

Karena kunci dari tugas seorang desainer web adalah situs yang memenangkan dan menumbuhkan kepercayaan dari audiens target, dan menghilangkan sebanyak mungkin titik kebingungan pengguna.

Dua metode paling umum untuk mendesain situs web yang berfungsi baik di desktop dan seluler adalah desain responsif dan adaptif. Dalam desain responsif, konten bergerak secara dinamis bergantung pada ukuran layar, dalam desain adaptif, konten situs web ditetapkan dalam ukuran tata letak yang sesuai dengan ukuran layar umum.

Mempertahankan tata letak yang konsisten antar perangkat sangat penting untuk menjaga kepercayaan dan keterlibatan pengguna. Karena desain responsif dapat menghadirkan kesulitan dalam hal ini, desainer harus berhati-hati dalam melepaskan kendali atas bagaimana karya mereka akan muncul.

Jika mereka bertanggung jawab atas konten juga, sementara mereka mungkin perlu memperluas keahlian mereka, mereka akan menikmati keuntungan dari kontrol penuh atas produk jadi.

10 Tips Untuk Desain Web Terbaik

Berikut adalah beberapa tips dalam desain web yang diperkirakan akan berdampak di tahun 2022.

1. Ramah seluler dan responsif

Sesuai studi oleh Oberlo, ponsel telah menjadi bagian yang lebih berarti dari lalu lintas web di seluruh dunia. Juli 2021 lalu, ponsel bertanggung jawab atas 56,75 persen dari keseluruhan lalu lintas web.

Teknologi telah melangkah jauh untuk memenuhi kebutuhan seluler. Situs web juga merupakan bagian penting dari evolusi ini. Seperti diketahui juga, banyak pengguna lebih memilih situs web seluler daripada desktop karena mereka dapat beroperasi dari mana saja.

Sangat penting bahwa situs web Anda harus mobile-friendly dan mudah dinavigasi terlepas dari penggunaan perangkat apa pun. Baru-baru ini, Google mulai memberikan nilai lebih pada situs web yang mobile-friendly. Jika situs web Anda tidak mobile-friendly atau responsif, sudah saatnya Anda mendesain ulang situs web Anda.

2. Peningkatan fokus pada UI/UX

Tren desain web modern pada tahun 2022 akan membantu Anda menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik. UX situs web Anda harus menarik namun sederhana, lancar, dan tidak terputus.

Jika indikasi ini terpenuhi berarti situs web Anda telah berhasil memiliki pemuatan halaman cepat, kesalahan minimal, dapat dipindai, fleksibel, konten SEO yang relevan, dan multimedia.

Selain itu desainer web berpengalaman mencakup semua fungsionalitas UI/UX dengan kreativitas untuk membuat UX yang hebat. Untuk desain bersih yang membantu pengguna menavigasi dengan mulus, pengetahuan desain web yang mendalam adalah kuncinya.

Perancang web terbaik di tahun ini juga harus melengkapi indikator seperti keterangan gambar, antarmuka berkemampuan suara, transkripsi video, tidak ada elemen yang mengganggu, dan desain gerak yang seimbang.

3. Gunakan gambar yang bertujuan

Sangat mudah untuk berlebihan dengan menambahkan video dan gambar ke halaman situs web Anda. Selain itu, video dan gambar memunculkan lebih banyak interaksi daripada teks saja.

Salah satu tips menggunakan gambar dalam desain situs web Anda adalah jangan pernah membanjiri halaman Anda dengan yang tidak perlu. Jika memungkinkan, cobalah untuk memperhatikan keseimbangan gambar dan teks yang menarik untuk memenuhi suatu tujuan. Misalnya, tempatkan video atau gambar setelah blok teks yang mendukung apa yang dikatakan konten.

Dengan cara ini, Anda melibatkan pelanggan Anda sambil menegaskan kembali poin Anda tanpa membanjiri mereka dengan visual.

4. Aksesibilitas

Aksesibilitas desain web atau situs web menyiratkan perancangan dan pengembangan situs web yang dapat digunakan oleh pengguna yang memiliki disabilitas dengan mudah.

Ada beberapa contoh cara membuat situs web Anda agar dapat diakses oleh individu yang disabilitas. Yang pertama gunakan warna kontras, Individu dengan gangguan penglihatan mungkin merasa sulit untuk menentukan teks dari latar belakang yang tidak terlalu kontras.

Kedua, Anda dapat menggunakan lebih dari satu warna karena situs web adalah untuk pengguna, dan untuk membuat mereka berkomunikasi dengan isyarat visual, Anda harus menggunakan label teks untuk tantangan visualnya. Informasi situs web harus mudah dikenali dengan bantuan warna kontras.

Selanjutnya mendukung navigasi keyboard, pengguna penyandang disabilitas sering kali mengandalkan keyboard untuk informasi dan navigasi konten. Misalnya, dengan menggunakan tombol “Tab” pada keyboard, Anda dapat “menggulir” melalui konten interaktif seperti bidang teks dan tautan.

Salah satu contohnya jika Anda mengunjungi situs web Discord, mereka menyediakan aplikasi obrolan suara dan teks untuk penggunanya dan menawarkan pengalaman yang lebih baik.

5. Navigasi sederhana

Setiap kali pengguna mendarat di situs web Anda, mereka selalu mengharapkan navigasi sederhana dan struktur organisasi di mana mereka dapat melakukan tur ke situs dan membeli barang yang mereka cari.

Jika mereka bingung dalam navigasi, mereka akan lari dari situs web Anda. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa pengunjung Anda dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari. Saat Anda mendesain situs web Anda, navigasi adalah kunci penting.

6. Desain kisi

Desainer web yang terampil dan berpengalaman menawarkan UI/UX yang kreatif namun sederhana untuk situs web yang bersih. Kisi-kisi di situs web memainkan peran kunci pada tahun 2022 sebagai tata letak asimetris yang kemungkinan akan menjadi lebih populer.

Desain tata letak kisi 2D adalah tata letak kotak CSS untuk Cascading Styles Sheet dan bahasa pengkodean yang menjelaskan tata letak halaman situs HTML.

7. Gunakan ruang putih

Ruang putih adalah bagian penting dari desain yang membantu Anda memecah halaman dan meningkatkan keterbacaan. Pada kenyataannya, Anda dapat menggunakan spasi putih untuk keuntungan Anda dan itu harus menjadi bagian dari tata letak Anda.

Ruang putih mengacu pada area di sekitar elemen pada halaman yang kosong dan tidak memiliki konten atau elemen visual. Menambahkan ruang putih berarti lebih banyak interaksi pengguna, halaman terlihat lebih baik, dan Anda dapat menyorot CTA Anda dengan lebih mudah jika Anda memiliki cukup ruang kosong untuk digunakan.

Ini memainkan peran penting dalam proses desain dan penentuan posisi elemen desain situs web.

8. Judul fokus pada frasa kata kunci

Judul konten Anda harus meyakinkan pengguna bahwa mereka berada di tempat yang tepat karena dengan judul yang bertele-tele dan tidak jelas hanya akan membingungkan audiens Anda.

Gunakan frasa kunci target Anda pada tajuk utama Anda untuk memenangkannya. Tulis tentang perusahaan Anda dan pastikan Anda menjelaskannya secara menyeluruh saat mereka menggulir.

BACA JUGA: 10 Website Keren Ini Wajib Kamu Kunjungi, Punya Fungsi yang Unik Loh!

9. Sertakan CTA

CTA membantu Anda mengarahkan pelanggan Anda untuk menyelesaikan tindakan tertentu. Misalnya, Anda dapat menggunakan CTA untuk berlangganan buletin. Pastikan itu menarik dan jelas karena ini juga merupakan ide yang baik jika Anda mengkonfirmasinya dengan brand Anda.

10. Tombol media sosial

Media sosial adalah cara terbaik untuk membantu prospek Anda terhubung dengan bisnis Anda. Setelah Anda membuat desain, Anda dapat menyertakan tombol media sosial.

Jika prospek Anda menggunakan media sosial, ini adalah cara tercepat untuk menghubungkan mereka langsung ke halaman Anda. Jika mereka tertarik dengan konten, produk, atau layanan Anda, mereka bahkan mungkin memutuskan untuk mengikuti halaman Anda.

Jadi, jangan lupa untuk menyertakan tombol media sosial dalam desain situs web Anda untuk membantu bisnis Anda terhubung dengan prospek berkualitas, memungkinkan Anda meningkatkan konversi dalam jangka panjang.

Sumber : https://idcloudhost.com/

Share