15 Tips Untuk Meningkatkan Branding Produk di Tahun 2022

15 Tips Untuk Meningkatkan Branding Produk di Tahun 2022

Apa yang membuat produk yang paling dikenal di dunia begitu menarik Produk itu sendiri harus sesuatu yang berkualitas, tentu saja. Tetapi kualitas saja tidak menjamin kesuksesan. Produk terbaik dunia memiliki sesuatu yang lain di pihak mereka: Branding produk kelas dunia.

Branding produk adalah elemen penting untuk dipertimbangkan sebagai bagian dari strategi branding yang lebih luas karena memberikan produk Anda kehidupan dan kepribadian mereka sendiri.

Pencitraan merek produk yang hebat menarik pelanggan dan membuat mereka kembali.

Pencitraan merek produk yang buruk, di sisi lain, dapat mengecewakan, dan merusak penjualan.

Ingin proses branding produk Anda lebih baik di tahun 2022? Baca terus artikel ini untuk mengetahui apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membuat branding produk yang efektif

Apa itu Branding Produk?

Branding produk adalah penerapan prinsip-prinsip strategi branding untuk item atau produk tertentu.

Ini adalah pengaitan simbol, nama, dan desain dengan produk untuk menciptakan identitas yang dapat dikenali untuk item tersebut.

Pencitraan merek produk bisa sangat kompleks, dengan kelompok fokus, beberapa putaran desain, dan sebagainya.

Tapi itu tidak harus. Ini bisa sesederhana mendesain logo dan memilih nama dan warna kemasan.

Apakah Branding Produk Layak untuk Diinvestasikan?

Ya, tentu saja: beberapa tingkat branding produk bernilai investasi.

Mengapa? Karena Anda ingin menjual lebih banyak produk!

Tujuan dari branding produk adalah untuk membedakan produk Anda dari pesaing. Anda juga membuat atau mempersempit pasar ke orang-orang yang ingin Anda jangkau.

Jika Anda tidak menginvestasikan apa pun ke dalam branding produk, Anda akan berakhir dengan lautan produk yang tidak dikenal pelanggan dan tidak terdefinisi dengan baik.

Dan penjualan Anda akan menurun.

Pertanyaan sebenarnya bukanlah apakah branding produk sepadan dengan investasinya, namun berapa banyak yang harus Anda investasikan ke dalam branding produk.

Dan itu akan sangat bergantung pada ukuran perusahaan Anda dan margin merek Anda.

Bagian ini bukanlah ilmu roket: perusahaan besar global menghabiskan cukup banyak uang untuk branding produk. Bisnis kecil menghabiskan jauh lebih sedikit.

15 Tips Efektif Untuk Melakukan Branding Produk di Tahun 2022

1. Memastikan merek sesuai dengan kebutuhan pelanggan

Pemasar cenderung berfokus pada merek. Ini dapat dimengerti, sebagai pemasar internal, kita terkadang seperti dalam tempurung, hidup dan melihat layanan atau produk kami setiap hari.

Namun, klien dan konsumen berada di bagian lain bisnis kita, dan kita harus menemui mereka di mana mereka berada.

Filosofi pemasaran yang harus dijalani adalah merek dan permintaan harus berjalan beriringan.

Tidak peduli berapa banyak pengoptimalan yang Anda lakukan untuk membawa orang ke situs Anda, jika Anda tidak berhubungan dengan mereka, Anda kemungkinan besar akan kehilangan peluang dari mereka, dan usaha Anda akan sia-sia.

BACA JUGA: Tips Personal Branding Sukses 2022

2. Jadilah unik tanpa rasa takut

Cara pasti untuk mempermudah branding produk atau merek Anda sejak awal adalah dengan bermain aman dan mereka tidak menyadari bahwa inilah saatnya untuk tidak takut, karena ini tentang produk Anda bukan tentang Anda.

Ciptakan citra merek unik yang menunjukkan kepribadian perusahaan Anda – Anda tidak ingin menyesuaikan diri; Anda ingin menonjol. Jadilah lucu. Jadilah tegang. Jadilah otentik.

Anda tidak harus menyenangkan semua orang. Selama Anda berbicara kepada audiens target Anda dan mereka ‘mengerti’ Anda, jangan khawatir tentang orang lain.

Ketika branding Anda benar-benar mencerminkan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan, orang yang tepat akan menyukai Anda karena originalitas Anda.

3. Menjadi thought leader

Buat konten seputar topik yang menjadi perhatian pelanggan Anda. Pemasaran konten menetapkan merek Anda sebagai pakar yang memiliki sesuatu yang berharga untuk dikatakan.

Menerbitkan artikel, video, dan studi kasus secara online adalah cara yang bagus untuk membuat mesin telusur mengaitkan merek Anda dengan niche Anda.

Ini sangat penting untuk mendapatkan lalu lintas organik, yang pada gilirannya dapat menghasilkan prospek berbiaya rendah.

Buat konten seputar pertanyaan yang diajukan orang dan masalah yang coba mereka pecahkan.

Lihatlah konten pesaing yang berperingkat – bagaimana merek Anda dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik? Edukasi audiens Anda, dan mereka akan menghormati merek Anda.

4. Wujudkan merek Anda

Jadilah merek Anda hari demi hari. Merek Anda tidak boleh menjadi topeng yang Anda kenakan saat menghadapi investor korporat atau persona yang Anda gunakan saat menangani media.

Mewakili merek Anda harus terasa alami. Saat Anda membangun fondasi dengan font, warna, dan slogan yang ditentukan, yakinlah sepenuhnya bahwa setiap detail selaras dengan tujuan Anda.

Pastikan Anda dan karyawan Anda mewujudkan detail tersebut dalam diri Anda.

Dasar-dasarnya harus sesuai dengan gaya hidup Anda. Apa yang Anda capai di waktu luang Anda? Siapa panutan Anda? Bagaimana Anda menghabiskan uang Anda?

Semua pertanyaan ini akan membantu memandu Anda menuju fokus dan kepribadian merek Anda.

Setelah Anda mengidentifikasinya, terserah Anda untuk memastikan bahwa pilihan dan tindakan harian Anda mencerminkannya dengan cara yang positif. Itu adalah branding sejati, apa pun bisnis Anda.”

5. Personifikasikan merek Anda

Manusiakan merek Anda dan pastikan Anda menghindari kepribadian merek yang terlalu korporat.

Dengan melakukan ini, Anda akan dapat menghasilkan label yang dapat dikaitkan yang dapat menjadi fokus dan menjadi bagian dari target demografis Anda.

Tidak ada yang lebih buruk daripada berurusan dengan perusahaan besar tanpa wajah yang menciptakan lingkungan yang canggung dan terlalu formal.

Menjaga pendekatan pribadi yang hampir rentan dengan identitas merek adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pelanggan setia dan mendorong minat pada produk Anda.

6. Bersikaplah autentik secara radikal dan ungkapkan kebenaran Anda

Kesuksesan merek adalah tentang menjadi otentik secara radikal. Ini berarti mendorong tingkat kenyamanan Anda sendiri sebanyak mungkin. Pelanggan dapat melihat merek yang tidak jujur ​​dengan mudah terutama di zaman sekarang.

Saat ini, kebenaran merek lebih berharga daripada sekadar menghadirkan citra yang dipoles.

Dan jika Anda melakukan kebenaran merek dengan benar, Anda akan selalu menjadi unik dalam set kompetitif Anda.

7. Bangun keahlian Anda di mana-mana

Branding adalah tentang pengenalan nama dan membangun ‘suara’ organisasi Anda.

Salah satu cara terbaik dan bahkan mungkin paling murah untuk mencapai ini adalah dengan membangun peluang untuk posting tamu dan komentar ahli.

Penulisan posting tamu tidak harus sulit dipahami. Bahkan, itu bisa sangat sederhana. Jangkau blog dan situs web resmi dalam niche Anda, atau bahkan berpikir di luar kebiasaan dan temukan area baru di mana Anda dapat mengembangkan basis pelanggan yang tidak terduga.

Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan memiliki jaringan yang kemungkinan akan membangun promosi dengan ujung jari Anda!

8. Memberikan nilai yang luar biasa

Meskipun kita semua berharap ada rahasia yang bisa membuat merek meledak dalam semalam, cara terbaik untuk membangun branding produk adalah dengan memberi dampak pada kehidupan orang lain.

Ketika produk atau layanan Anda benar-benar mengubah hidup seseorang, orang itu memberi tahu orang-orang.

Branding benar-benar tentang seberapa banyak nilai yang dapat Anda berikan, apakah itu dalam produk atau layanan Anda yang sebenarnya, atau di media sosial dan strategi digital Anda.

Semakin banyak nilai yang Anda berikan, semakin banyak orang menyukai, berbagi, dan memberi tahu orang lain. Begitulah cara membangun merek yang kuat.

9. Temukan makna besar dari merek Anda

Merek paling kuat didirikan dengan tujuan yang mendalam – atau yang saya sebut Makna Besar dalam sebuah produk.

Ini adalah perbedaan yang dibuat merek Anda dalam kehidupan seseorang, komunitas, atau bahkan dunia. Ketika Anda mulai dengan mengklarifikasi inti penting tentang siapa Anda ini, Anda meletakkan dasar untuk merek yang luar biasa.

Itu datang dari menjelaskan apa yang terbaik dalam bisnis Anda, apa yang menjadi hasratnya, dan perbedaan apa yang dapat dibuatnya, dan memastikan masing-masing elemen ini selaras dengan dua elemen lainnya.

Mendapatkan kebenaran ini sangat menarik bagi mereka yang ingin Anda layani. Lagi pula, Anda menunjukkan kepada mereka bagaimana keterlibatan bisnis Anda dapat membantu menyebarkan sedikit lebih banyak kebaikan di dunia.

Orang ingin menyelaraskan dengan merek yang membantu mereka merasa memiliki dampak dengan uang dan waktu mereka.

10. Buktikan bahwa Anda benar-benar peduli

Setiap merek harus benar-benar peduli dengan orang yang mereka layani. Bersedia berusaha sekuat tenaga untuk memuaskan pelanggan yang berkualitas.

Jika klien memiliki pengalaman buruk, perbaiki dengan mereka dan tawarkan produk atau layanan diskon untuk waktu berikutnya.

Motivasi karyawan Anda untuk menciptakan pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan oleh pelanggan Anda. Pada gilirannya, mereka menjadi tenaga penjualan yang sangat setia!

11. Ingat David dan Goliat

Jika Anda adalah bisnis baru, ingatlah kisah David & Goliath ketika Anda memasuki industri yang didominasi oleh nama-nama besar.

David tahu bahwa dia tidak bisa mengalahkan Goliat jika dia bertarung dengan raksasa ini secara konvensional, jadi dia mengubah aturan pertarungan dan yah, Anda tahu sisanya.

Mengakali pesaing Anda dan membangun merek yang sangat sukses dengan mengubah cara Anda terlibat dengan pelanggan potensial Anda. Jangan pernah biarkan siapa pun melupakan mengapa Anda lebih baik daripada orang banyak.

12. Buat ikatan yang erat untuk organisasi Anda

Sebelum sebuah merek dapat membangun ke luar, ia harus membangun ke dalam. Itu harus menjadi tempat bagi pikiran yang saling terhubung.

Tidak seperti matriks, tetapi lebih seperti keluarga. Dinamika harus menjadi salah satu keputusan bisnis tanpa syarat.

Tidak ada yang salah, hanya tingkat risiko. Keluarga dibangun di atas pengalaman bersama: pengalaman emosional, mendebarkan, dan memalukan.

Pengalaman bersama membentuk ikatan kita dan membebaskan kita untuk bekerja tanpa rasa takut akan tuduhan, dan bersama-sama kita mendorong batas-batas apa yang bisa menjadi pembangunan merek.

Perusahaan Anda harus fokus ke dalam dan membangun budaya yang unik bagi Anda, kemudian melihat ke luar.

13. Jadilah customer-centric

Pastikan pesan di situs web Anda jelas dan tidak membingungkan. Membuat salinan yang jelas berarti memulai dengan definisi yang jelas tentang pelanggan ideal Anda.

Jika Anda memahami dengan tepat siapa pelanggan Anda, situs web Anda dapat lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sangat penting untuk memposisikan pelanggan Anda sebagai pahlawan merek Anda.

Beberapa merek fokus pada diri mereka sendiri, dan ‘Halaman Tentang’ dari perusahaan-perusahaan ini cenderung hanya tentang perusahaan dan bukan tentang pelanggan.

Ada strategi di balik menarik pain point pelanggan melalui ‘Halaman Tentang’. Ketika Anda menarik mereka sebagai karakter utama, bukan sebagai peran pendukung, semakin sukses perusahaan Anda.

Penting untuk memiliki pesan yang jelas tetapi sama pentingnya untuk memandu pelanggan Anda, dengan cepat dan mudah, ke ‘Ajakan Bertindak’ mereka.

Bangun merek Anda sebagai sebuah cerita dengan membawa audiens dari titik sulit ke resolusi. Ketika pelanggan puas dari awal hingga akhir, mereka menjadi pemenang dalam kisah merek Anda.”

14. Konsistensi adalah kuncinya

Survei karyawan dan pelanggan Anda untuk mengetahui merek perusahaan Anda, baik secara internal maupun eksternal. Anda akan melihat tema yang konsisten dalam tanggapan yang selaras dengan nilai inti Anda sebagai sebuah perusahaan.

Jika tanggapannya tidak selaras, Anda harus bekerja untuk mewujudkannya. Untuk memperkuat merek Anda, pastikan semua keputusan yang dibuat oleh perusahaan selaras dengan nilai-nilai inti.

Anda akan menemukan bahwa keputusan ini menjadi lebih mudah dibuat karena rasa merek Anda menjadi sangat jelas.”

BACA JUGA: 5 Tips Memperkuat Personal Branding dengan Memanfaatkan Media Sosial

15. Pikirkan pengguna akhir

Strategi Anda harus selalu mengutamakan konsumen. Itu dimulai dengan mereka: Siapa mereka? Dimana mereka? Apa yang mereka hargai?

Di situlah merek Anda harus berada, baik secara langsung maupun di media sosial.

Sejajarkan aktivasi, acara, dan penempatan merek secara langsung dengan strategi media sosial Anda.

Inilah rumusnya: apakah itu pesta yang menyenangkan, kolaborasi yang keren, atau instalasi yang interaktif, Anda harus meletakkannya di tempat konsumen target Anda berada dan mengizinkan mereka membuat dan membagikan konten asli.

Beri mereka alasan untuk peduli, dan Anda telah menciptakan apa yang kami sebut menang: keunggulan merek, nilai tambah bagi konsumen, dan konten sosial luar biasa yang sesuai dengan pembeli Anda karena mereka memiliki keputusan dalam menciptakannya, membagikannya dan membintanginya. Partisipasi yang berarti menciptakan alasan untuk peduli (dan pengenalan merek yang hebat).

Sumber: https://kledo.com/blog/tips-branding-produk/

Share