3 Alasan Mengapa Harus Belajar SEO

3 Alasan Mengapa Harus Belajar SEO

Ingin belajar SEO tapi masih ragu? Ada beberapa alasan untuk memantapkan diri mengenal Search Engine Optimization lebih lanjut. Terlebih di era modern dan di tengah pandemi, semua itu membuat semua orang butuh terjun ke dunia digital demi tetap bertahan secara ekonomi.
Dalam konferensi pers menyambut 'SEOCon Jakarta 2022: SEO for Perfomance', Rabu (9/2/2022), sejumlah ahli memaparkan sejumlah alasan untuk belajar SEO. Ini dia tiga di antaranya:
BACA JUGA: 3 Alasan Mengapa SEO Penting Untuk Website


1. Medsos dan SEO adalah arus utama pengembangan bisnis

Hanny Setiawan CEO & Founder of @beweidigital menjelaskan bahwa dalam tiga tahun terakhir ada pergerakan yang sangat cepat dalam pengembangan digital marketing. Media sosial tentu menjadi tulang, tetapi SEO tak kalah penting.

"Di dalam pengembangan sebuah bisnis itu, brand dicari dalam dua arus utama, want dan need. Awal brand masuk, seharusnya melakukan promosi diri untuk menciptakan market yang want ini di medsos, influencer/endorser. Setelah itu, setelah kita tahu brand, pasti kita browsing. Nah, ini adalah need market. SEO untuk mereka yang need market. Di situ pentingnya SEO," kata dia.

2. Kewajiban, bukan opsi

Menurut Edy Budiman CEO Dewaweb Indonesia, SEO bukan lagi menjadi opsi melainkan sebuah mandatori. Sebab, banyak contoh ketika brand sudah tidak terlibat dalam digital, maka eksistensi brand tersebut ikut terancam.

"Makin ke sini makin jadi keharusan. Kalau tidak go digital bisa tenggelam. Tadinya brand ini sudah besar tapi karena tidak ada digital marketing, brand bisa jadi tenggelam oleh brand baru," tuturnya.

Apalagi adanya akselerasi yang cepat di media sosial seperti tren YouTube dan Instagram yang kini juga mulai bersaing dengan platform lain seperti TikTok. Ini membuat brand butuh semakin cepat terkoneksi dengan banyak orang, plus lebih hemat dari segi biaya.


BACA JUGA: 10 Trik dalam SEO yang bisa Anda Manfaatkan


3. Investasi jangka panjang

Ryan Kristo Muljono Inisiator SEOCon Jakarta 2022 menekankan bahwa SEO adalah investasi jangka panjang. Perlu diingat juga, bahwa Google merupakan situs yang paling sering dikunjungi.

"Menguasai kata kunci terkait website adalah teknik yang sangat dasar fundamental. Harus menguasai dan sabar, karena baru lihat mungkin belum muncul (di top page Google - red) tapi kalau tekun dan update dengan konten bagus, di bulan ke-4 itu banyak orang masuk ke website kita. Ibarat menanam pohon," tegas Ryan.

Sumber :https://inet.detik.com/cyberlife/d-5976019/3-alasan-mengapa-harus-belajar-seo

 

Share