3 Ilmu Digital Marketing yang Perlu Dipelajari Para Digital Marketer

3 Ilmu Digital Marketing yang Perlu Dipelajari Para Digital Marketer

Apakah kamu adalah seorang digital marketer? Sebagai seorang digital marketer maka kemampuan menguasai 3 ilmu digital marketing ini menjadi sangat penting. Apa saja kira-kira dan apakah kamu sudah mempelajarinya?

Daripada berpanjang lebar yuk kita bahas satu persatu.

BACA JUGA: 8 Strategi Digital Marketing di tahun 2022

Ilmu Market

Ilmu yang paling mendasar yang perlu dipelajari adalah ilmu tentang market/pasar. Pasti kamu sering mendengar bahwa setiap bisnis yang dijalankan tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui marketnya.

Pasar menjadi penting karena ia adalah pihak yang akan membeli produkmu. Bayangkan kalau produk yang kamu buat ternyata tidak ada marketnya. Atau bila adapun bisa jadi marketnya kecil, alhasil penjualan pun tidak akan fantastis.

Oleh sebab itu kamu harus memahami ilmu ini dengan sebaik-baiknya. Untuk mencari tahu seberapa besar market atas produkmu maka kamu bisa menggunakan google trends..

 

Ilmu Digital Marketing

Contohnya, bila saya ingin menjual E-course “Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Cuan” maka saya perlu ketik di google trends “Cara Membuat Blog” seperti pada gambar di atas.

 

Kemudian kamu akan melihat grafik di atas yang mana grafik tersebut menunjukkan seberapa besar marketmu. Grafik di atas menjelaskan trend pencarian kata kunci “Cara membuat blog”.

Kesimpulan dari pencarian market e-course tersebut adalah bahwa masih banyak orang yang ingin tahu cara membuat blog. Artinya peluang saya menjual e-course ini menjadi besar.

Kamu juga bisa mencobanya untuk produk yang akan kamu jual. Misalnya, kamu ingin menjual hijab maka kamu bisa ketik “jual hijab” di google trend agar kamu mengetahui apakah hijab masih laku dijual atau tidak. Bila masih laku, kira-kira kapan waktu yang tepat untuk dijual. Oke, sampai sini paham ya?

Apa itu Organic Traffic & Kenapa Website Membutuhkannya? | Toffeedev

Ilmu Traffic

Ilmu digital marketing yang kedua adalah terkait dengan ilmu traffic. Meskipun jualan pada akhirnya adalah untuk meningkatkan konversi tetapi yang penting diketahui adalah bahwa tidak akan ada konversi tanpa adanya traffic.

Traffic ke mana? Traffic ke platform apapun yang kamu gunakan untuk berjualan. Bahkan seorang internet marketer yaitu Mario Brown menjelaskan Strategi Massive Imperfect Action. Ia menjelaskan bahwa sebagai seorang digital marketer kamu perlu “bombardir” dalam membangun traffic.

Buatlah seluruh platform di social media seperti instagram, facebook, youtube, spotify dan sebagainya. Kemudian kamu bombardir dengan membangun konten secara organik dan memanfaatkan paid traffic.

Paid traffic yang bisa kamu coba seperti Facebook/IG ads dan Google Ads. Kemudian untuk traffic organik bisa kamu maksimalkan dengan sering-sering posting, maksimalkan hastag dan optimasi Search Engine Optimization.

“Kalau boncos gimana?”

Jangan khawatir perihal boncos. Karena sebenarnya itu adalah investasi yang kamu keluarkan. Tentunya di awal kamu perlu belajar dulu dasar-dasanya. Kamu bisa mengikuti E-course digital marketing ataupun mempelajarinya dari youtube.

 

Ilmu Digital marketing

sumber: SEO Anak Soleh

Ilmu Copywriting

Pernah dengar istilah copywriting? ya ini adalah sebuah kalimat yang dibuat dengan tujuan membuat seseorang membeli produk atau jasa yang kita jual.

Mengapa ilmu ini penting? Karena pada dasarnya setiap sosial media yang kita buat tidak terlepas dari kata-kata. Di instagram, facebook ataupun youtube pasti kamu harus menuliskan kata-kata baik di caption maupun di deskripsi.

Disitulah peran copywriting bermain. Pastikan copywriting yang kamu buat benar-benar bisa meng-“hipnotis” calon pembeli agar segera membeli produk dan jasamu.

Salah satu ahli copywriting yang bisa kamu ikuti pembelajarannya adalah Dewa Eka Prayoga.

BACA JUGA: 5 Langkah Urut Memulai Digital Marketing untuk Pemula

Nah, itulah penjelasan tentang 3 ilmu digital marketing yang perlu kamu ketahui. Ketiga ilmu ini sangat penting karena ini merupakan fundamental digital marketing.

Silahkan sebarkan artikel ini seluas-luasnya bila kamu merasakan manfaat ketika membacanya.

Sumber: https://dendyherdianto.com/3-ilmu-digital-marketing-yang-perlu-dipelajari-para-digital-marketer/