5 Cara Optimasi SEO Youtube Untuk Tingkatkan Views Video Anda

5 Cara Optimasi SEO Youtube Untuk Tingkatkan Views Video Anda

Salah satu mesin pencari kedua yang populer setelah Google adalah Youtube. Mesin pencari ini mempunyai 92 miliar halaman view setiap bulannya sehingga cukup memberikan traffic yang besar untuk situs web atau blog Anda. Karena itu, dibutuhkan optimasi SEO Youtube yang berkualitas agar video Anda mendapatkan jumlah view yang sangat banyak.

Bahkan dikabarkan setiap menitnya setidaknya terdapat 35 jam video yang telah diunggah oleh pengguna ke dalam Youtube. Melalui Youtube, Anda juga bisa mendapatkan uang atau sering disebut dengan monetisasi. Namun, untuk mendapatkan uang tersebut, Anda harus mendapatkan jumlah views video sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh Youtube. Karena itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan optimasi SEO Youtube.

Untuk mendapatkan banyak views di Youtube, tidak cukup hanya dengan mengunggah video saja dan membiarkan akun Anda menjadi besar dan mendapatkan banyak subscribers/ viewers untuk kemudian mendapatkan monetisasi.

Beberapa video Youtube yang biasanya dibuat oleh para content creators, mulai dari konten hiburan, tips, tutorial, dan beberapa video lainnya. Video yang ditampilkan tentunya mempunyai kualitas yang bagus demi memuaskan para pengguna Youtube dalam menonton video mereka.

Namun yang terjadi kebanyakan adalah video yang sudah Anda buat dengan susah payah namun justru tidak mendapatkan views yang sesuai dengan yang diharapkan. Jika hal ini terjadi, maka coba pikirkan untuk menerapkan strategi SEO bagi Youtube Anda agar para pengguna dapat menemukan video Anda dengan mudah di mesin pencari.

Sama seperti Google, Youtube juga mempunyai algoritma mereka sendiri untuk memberikan peringkat sebuah video. Namun yang membedakan antara Google dengan Youtube adalah meski Anda memutuskan untuk membeli traffic Youtube anorganik atau di Google dengan sebutan Google Ads, tidak akan menjamin video Anda berada di peringkat pertama dan mendapatkan banyak views.

Hal ini terjadi karena salah satu faktor yang turut mempengaruhi peringkat video di Youtube adalah durasi penonton saat menonton video Anda. Jika penonton Anda berhenti di beberapa detik pertama, maka kemungkinan besar peringkat video Anda akan menurun karena dianggap tidak menarik.

BACA JUGA: 5 Langkah Optimalkan SEO untuk Tingkatkan Peringkat di Google

Cara Optimasi SEO Youtube

Selain membuat video yang menarik, terdapat beberapa hal penting yang harus Anda lakukan agar mendapatkan banyak views, seperti menggunakan thumbnail yang menarik untuk meningkatkan CTR (click through rate). Selain itu, terdapat beberapa cara lainnya di bawah ini, yaitu:

1. Menggunakan Judul Serta Kata Kunci yang Tepat dan Relevan

Dengan menggunakan judul video yang cocok dan relevan dengan isi video, maka akan sangat baik bagi Anda karena pengunjung akan merasa bahwa video Anda merupakan video yang dapat dipercaya atau kredibel. 

Bagi Youtube sendiri, judul yang relevan dengan isi video akan memudahkan algoritma Youtube untuk membacanya sehingga video Anda dapat meningkat dan memperoleh monetisasi.

2. Deskripsikan Video Youtube Anda secara Relevan

Tips optimasi SEO lainnya adalah dengan menuliskan deskripsi singkat tentang video Anda serelevan mungkin untuk mempermudah pengguna dalam mengetahui isi video Anda. Yang perlu diperhatikan adalah penjelasan pada dua hingga tiga baris pertama merupakan penjelasan yang sangat penting untuk bisa mendapatkan peringkat tertinggi di Youtube.

Sangat disarankan untuk menggunakan frasa kata kunci autocomplete yang direkomendasikan oleh Youtube untuk membantu mendeskripsikan video Anda. Jika pengguna menggunakan kata kunci sesuai yang tertulis dalam dua baris pertama deskripsi video, maka peluang video Anda untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi tentunya sangat besar. 

3. Buat Nama File Video Sesuai dengan Target Keyword

Setelah selesai mengedit video, biasanya Anda akan memberi nama file video tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Maka pastikan bahwa nama file video telah sesuai dengan target keyword yang diinginkan menggunakan format: kata_kunci.mp4.

Selain itu, dengan memberi nama dan judul video yang sesuai dengan target keyword akan memudahkan Youtube dalam mengindeks pencarian video sehingga dapat meletakkannya di peringkat teratas.

4. Menggunakan Fitur Closed Caption (CC)

Untuk membantu pengguna Youtube dalam memahami narasi video yang dibuat oleh konten kreator, Youtube membuat sebuah fitur bernama Closed Caption (CC). Fitur ini berfungsi untuk menampilkan teks yang dapat diterjemahkan ke berbagai bahasa yang dikehendaki pengguna.

Fitur CC sendiri merupakan fitur yang muncul setelah Youtube mengeluarkan algoritma baru mereka. Fitur CC ini akan secara otomatis melakukan transkrip suara yang terdapat di dalam video dan mengubahnya menjadi teks yang dapat diaktifkan atau juga dapat ditulis secara manual melalui closed caption jika video Anda tidak mempunyai suara.

Namun siapa sangka ternyata fitur CC ini juga menjadi salah satu cara baru untuk dapat terindeks oleh Youtube karena terdapat kata kunci di dalamnya. Bukan hanya itu saja, dengan menulis transkrip ke dalam deskripsi video justru menjadikan video Anda ramah untuk algoritma Youtube. Selain itu, layanan Caption for Youtube juga bisa Anda manfaatkan untuk menulis caption video yang akan diunggah ke Youtube.

BACA JUGA: Cara Mendesain Situs Web SEO Friendly yang Berperingkat Baik Di Google

5. Gunakan Tag dan Lakukan Keyword Research

Langkah penting lainnya agar tingkat kunjungan views Anda meningkat adalah dengan menggunakan tag. Berikut ini adalah tips terbaik untuk menggunakan tag pada video Anda, yaitu:

  • Buatlah daftar tag secara spesifik dan menuliskan target keyword agar mempermudah algoritma Youtube untuk membaca konten Anda.
  • Buatlah daftar tag umum dan tulis target keyword yang sesuai. Contoh, jika target keyword Anda adalah “Belajar Laravel”, maka tag umum yang dapat Anda masukkan sebagai pendukung target keyword, seperti “Programmer” atau “IT”. 
  • Sertakan tag dengan ejaan yang salah. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengguna Youtube mencari video Anda. Lakukan pengecekan traffic resources dan analisis secara mendalam

Selain memanfaatkan tag, keyword research juga dapat Anda lakukan untuk melakukan optimasi SEO Youtube. Jika Anda tidak dapat menemukan target keyword yang sesuai dengan video Anda, maka Anda dapat menggunakan Google Display Planner untuk membantu Anda mendapatkan ide target keyword yang akan digunakan pada video Anda.

Meski begitu, Anda juga dapat memanfaatkan dua tools lainnya yang sering digunakan oleh para SEO profesional untuk melakukan keyword research, seperti keyword planner dan display planner untuk mengoptimasi SEO Youtube.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan optimasi SEO Youtube agar bisa mendatangkan banyak views dan monetisasi. Jika Anda kesulitan dalam melakukan optimasi SEO pada Youtube Anda, dapat menggunakan perusahaan yang ada di website WDI dan melayani jasa digital marketing atau SEO untuk meningkatkan jumlah views pada video Youtube Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber : https://webdev-id.com

Share