5 Contoh Branding Produk dari Perusahaan Terkenal! Adakah Brand Favoritmu?

5 Contoh Branding Produk dari Perusahaan Terkenal! Adakah Brand Favoritmu?

Product branding merupakan simbol atau desain yang membuat sebuah produk memiliki identitas unik yang melekat dan menjadi ciri khas dari produk tersebut. Ada beberapa elemen penting yang menentukan product branding, salah satunya logo, desain, nama, dan deskripsi.

Pada artikel ini, ada beberapa branding produk dari perusahaan terkenal yang dapat menjadi benchmark untuk produk yang kamu punya. Penasaran? Mari simak branding dari lima perusahaan terbaik dunia berikut ini!

BACA JUGA: Perbedaan Copywriting dan Content Writing

1. Branding Produk Apple

Dengan strategi branding-nya, Apple menjadi salah satu perusahaan raksasa.https://www.pexels.com/photo/white-iphone-xr-3586249/

Dengan strategi branding-nya, Apple menjadi salah satu perusahaan raksasa.

Apple adalah salah satu perusahaan paling maju di dunia. Dengan memanfaatkan strategi branding yang tepat sasaran, Apple memiliki kesuksesan yang besar dan konstan. Apple mengembangkan brand produknya berdasarkan pengalaman dan emosi, lalu menyampaikannya dalam  bentuk inovasi desain.

Perusahaan ini memanfaatkan visual dan pembendaharaan kata yang unik. Simpel menjadi prioritas Apple untuk menarik perhatian konsumen, dengan tetap mengedepankan fungsionalitas produk.

2. Branding Produk Nike

Nike menjadi salah satu brand terbesar di dunia olahraga.https://www.pexels.com/photo/red-and-black-nike-fitted-cap-1124465/

Nike menjadi salah satu brand terbesar di dunia olahraga.

Logo swoosh yang Nike gunakan sudah menjadi legenda. Awalnya perusahaan ini memulai usahanya dengan bisnis kecil berupa produk sepatu. Namun, saat ini Nike sudah menjadi brand terbesar di seluruh dunia.

Nike memanfaatkan endorsement dari atlet selebriti, seperti Michael Jordan untuk merepresentasikan brand-nya. Dalam hal ini, mungkin bisa dikatakan bahwa awalnya target utama marketing Nike adalah penggemar atlet selebritas itu. Sebab naluri seorang penggemar biasanya selalu ingin merasa dekat dan terhubung dengan idolanya. Salah satu caranya dengan menggunakan produk yang idola mereka juga pakai.

Baca juga: Memahami Pengertian Community Marketing dan Peran Brand Community

3. Branding Produk Coca-Cola

Coca-Cola memiliki jutaan konsumen di seluruh dunia.https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-soft-drink-brand-4113682/

Coca-Cola memiliki jutaan konsumen di seluruh dunia.

Selanjutnya yang ketiga adalah Coca-Cola. Coca-Cola merupakan salah satu perusahaan yang dapat mempertahankan branding dan kedekatannya dengan konsumen hampir satu abad ini.

Dalam hal branding produk, Coca-Cola memiliki konsistensi yang sangat baik. Mulai dari logo, iklan, desain, dan pengemasan masih relatif sama dari dulu hingga sekarang. Coca-Cola memanfaatkan visual yang simpel dengan sangat efektif.

4. Branding Produk Starbucks

Starbucks menawarkan konsep warung kopi eksekutif.https://www.pexels.com/photo/starbucks-signboard-303324/

Starbucks menawarkan konsep warung kopi eksekutif.

Sama seperti Coca-Cola, Starbucks juga sudah mempertahankan branding-nya selama hampir satu abad. Dalam hal product branding, Starbucks memanfaatkan lokasi toko yang strategis, dekorasi ruangan yang nyaman dan estetik, serta makanan-minuman yang rasanya cocok dengan konsumen. Hal ini juga didukung oleh para pegawainya yang terkenal ramah dalam memberikan pelayanan.

BACA JUGA: 4 Cara Membangun Personal Brand Yang Mengesankan Di 2022

5. Branding Produk McDonald’s

Dengan branding-nya, McDonald’s menjadi waralaba fast-food terbesar di dunia.https://www.pexels.com/photo/mc-donalds-restaurant-2050346/

Dengan branding-nya, McDonald’s menjadi perusahaan fast-food terbesar di dunia.

Dengan logo klasik dan warna cerahnya, seluruh dunia pasti sudah mengenali brand McDonald’s. Keseragaman adalah salah satu kunci mengapa McDonald’s sangat terkenal di seluruh dunia. Pada prinsipnya, konsistensi kualitas produk dan harga yang relatif murah menjadi alasan utama pelanggan banyak memilih McDonald’s!

Demikian tadi contoh branding produk dari perusahaan terkenal dunia. Strategi branding dari kelima perusahaan tadi tentu dapat kamu adaptasi untuk kebutuhan perusahaan yang mungkin sedang kamu rintis saat ini.

Sebagai tambahan, apabila ingin mempelajari lebih banyak tentang strategi brand marketing, kamu dapat mengikuti kelas tentang merancang strategi brand marketing 

Sumber: https://myskill.id/blog/dunia-kerja/contoh-branding-produk-perusahaan/

Share