5 Ilmu Marketing yang Wajib Dimiliki Pebisnis

5 Ilmu Marketing yang Wajib Dimiliki Pebisnis

Ilmu marketing merupakan salah satu ujung tombak untuk mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, sangat penting bagi pebisnis untuk menguasai 5 ilmu marketing yang menunjang kelangsungan bisnis, antara lain planning, selling, pricing, advertising, dan analyzing.

BACA JUGA:Ini 6 Hal yang Harus Dipelajari Sebelum Mendalami Bisnis Digital!

5 Ilmu Marketing yang Wajib Dimiliki Pebisnis

Marketing adalah konsep yang harus diterapkan untuk tercapainya tujuan perusahaan. Seperti meningkatkan penjualan, pendapatan, memperbaiki produk dari waktu ke waktu, hingga memenangkan persaingan di pasar.

Planning

Planning atau bisa disebut perencanaan adalah proses awal yang perlu dibuat agar bisnis Anda berjalan. Meskipun usaha yang akan Anda buka dalam skala kecil, Anda harus melakukan persiapan sebaik mungkin.

Sebelum memulai bisnis, sebaiknya Anda sudah membuat marketing plan atau perencanaan dari langkah awal yang Anda ambil, pembentukan, hingga rencana pengembangan. Hal itu berguna untuk memvalidasi ide Anda dengan melihat prospek bisnis yang akan dijalankan.

Selain itu, keuangan adalah hal yang harus Anda persiapkan jauh-jauh hari, seperti membuat perkiraan kebutuhan untuk memulai bisnis. Misalnya, biaya sewa tempat usaha, beli peralatan, stok barang, produksi, dan lain sebagainya. Planning atau perencanaan juga dibutuhkan untuk membuat strategi pemasaran yang tepat.

salah satu ilmu marketing sebagai cara menjadi pebisnis sukses adalah membuat planning

Kenapa harus membuat planning atau marketing plan? Temukan jawabannya dengan mengikuti materi pembelajaran online yang telah disiapkan aplikasi belajar online QuBisa, di antaranya:

  • Memahami Sales Plan dalam Marketing
  • Cara Mengidentifikasi Marketing Plan
  • Tujuan Marketing Plan
  • Cara Mempersiapkan Budget dalam Marketing Plan

Pricing

Setelah menemukan ide dan merencanakan bisnis, Anda juga perlu menguasai teknik pricing atau penentuan harga. Anda sebaiknya melakukan riset untuk menentukan harga yang sesuai dengan perencanaan bisnis Anda.

Anda dapat melakukan survey sederhana dengan membuat perbandingan harga dengan kompetitor. Ketahui juga sejauh mana target pasar Anda mampu membayar produk yang Anda jual. Hal ini penting diperhatikan agar produk Anda tepat sasaran.

Selling

Ilmu marketing berikutnya adalah selling atau bagaimana cara menjual. Sebelum mulai memasarkan produk, Anda harus benar-benar menguasai target pasar Anda. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah riset target pasar. Adapun hal penting terkait market research yang perlu Anda ketahui, seperti:

  • Apa yang Dimaksud dengan Market Research?
  • Metode Market Research Berdasarkan Pengambilan Data
  • Apakah Market Research hanya Dilakukan pada Bisnis Besar?

Contohnya jika Anda membuka bisnis minuman kopi untuk mahasiswa, Anda bisa melakukan proses penjualan di sekitar kampus. Lakukan penargetan calon pelanggan sesuai dengan produk yang Anda jual supaya peningkatan penjualan bisa terjadi dan sesuai dengan harapan.

meningkatkan penjualan dengan ilmu selling

Advertising

Advertising adalah usaha untuk menarik perhatian pelanggan, baik melalui media online atau media cetak. Banyak pengusaha zaman sekarang yang memanfaatkan media sosial sebagai upaya promosi mereka. Seperti membuat konten di Instagram, Facebook, YouTube, hingga Tik Tok. Konten tersebut dapat berisi profil bisnis, cara menggunakan produk, cara merawat produk, hingga ulasan positif dari konsumen.

Anda juga bisa menggunakan jasa influencer sebagai media promosi bisnis. Cara ini sudah banyak dilakukan karena citra influencer dapat membawa dampak terhadap awareness sebuah bisnis.

BACA JUGA:10 Jenis Diital Marketing Yang Wajib Kamu Ketahui

Analyzing

Ilmu marketing selanjutnya adalah analyzing atau analisis. Secara sederhana, ilmu ini digunakan untuk menganalisis pasar dan memahami kondisi pasar terkini, serta menganalisis bisnis Anda secara keseluruhan.

Menganalisis pasar menjadi upaya untuk mengetahui apa saja pengaruh dan hasil dari strategi pemasaran yang sudah dilakukan, yang nanti hasilnya bisa digunakan untuk menentukan langkah selanjutnya, baik dalam hal pengembangan bisnis, peningkatan penjualan, perluasan pasar, atau menentukan strategi digital marketing berikutnya yang perlu diterapkan.

Selain itu, analisis pasar memiliki manfaat lain, seperti lebih memahami pelanggan, mengenal perilaku pelanggan, meminimalisir kerugian, dan sebagainya. Anda dapat menganalisis pasar dengan cara melakukan pendekatan permintaan. Biasanya, pendekatan ini berguna untuk memahami apa yang belum pelanggan dapatkan.

Anda juga bisa melakukan pendekatan penawaran untuk menganalisis pasar. Pendekatan penawaran memiliki tujuan untuk mengetahui daerah potensial yang tepat dengan bisnis Anda serta mengetahui keinginan pelanggan.

Nah, itulah 5 ilmu marketing yang harus Anda miliki sebagai pebisnis. Kelima ilmu tersebut penting, mengingat dunia bisnis sekarang sangat dinamis. Memutuskan membangun bisnis menuntut Anda untuk terus belajar sepanjang waktu dengan senantiasa upgrade kemampuan agar bisa lebih unggul dibandingkan kompetitor.

Sumber: www.qubisa.com