5 Komponen menentukan Strategi Branding

5 Komponen menentukan Strategi Branding

Bisnis yang Memiliki tujuan lebih dikenal di pasar, pastinya membutuhkan strategi branding. Strategi branding sendiri merupakan rencana yang mencakup tujuan jangka panjang dan spesifik yang hanya dapat dicapai dengan perubahan dari merek itu sendiri. Strategi branding yang teruji dengan baik juga akan berdampak pada semua aspek bisnis yang juga akan terhubung langsung dengan kebutuhan konsumen. Berikut adalah 5 Komponen untuk menentukan strategi branding.

BACA JUGA: 5 Media Sosial Yang Paling Banyak Digunakan Tahun 2021

1. Tujuan

Setiap brand tentu mempunyai visi serta tujuan yang hendak dicapai. Tetapi, tujuan ini tidak boleh asal- asalan, karena akan menyebabkan konsumen mempunyai keyakinan yang rendah terhadap perusahaan kamu, sedangkan perusahaan wajib waspada terhadap tingginya anggaran. Oleh karena itu, buatlah tujuan secara spesifik.

2. Konsistensi

Hindarilah pembahasan yang tidak ada hubungannya dengan brand kamu. Konsistensi yang dihasilkan akan berhubungan dengan brandawarness yang nantinya akan berdampak pada loyalitas konsumen yang kamu miliki. 

3. Emosi 

Pastikan strategi branding kamu melibatkan konsumen. Seiring berjalannya interaksi positif, akan ada ikatan emosional antara brand yang kamu buat dengan konsumen. Hal ini pada akhirnya membuat konsumen akan ingat dan memprioritaskan brand kamu. 

4. Fleksibilitas

Zaman yang terus berubah serta tren dari hari kehari yang selalu up to date  Harus kamu sadari sebagai pemilik bisnis.Kkamu harus menyesuaikannya agar tidak di cap “Ketinggalan Zaman”, Tak selamanya kamu pakai strategi yang sama sepanjang tahun, maka jadilah Fleksibel! 

5. Kesadaran akan Kompetisi

Jadikan kompetisi sebagai sebuah tantangan untuk menguji dan memperbaiki strategi branding yang telah kamu susun bersama tim. Ingat selalu bahwa kamu bukan satu-satunya orang yang berusaha menggaet minat konsumen  untuk membeli produk. Dan jangan lupa pula untuk selalu mempelajari strategi yang digunakan oleh kompetitor.

Sumber : https://cda.ipb.ac.id/

Share