5 Tips Dasar Belajar Fotografi HP untuk Pemula

5 Tips Dasar Belajar Fotografi HP untuk Pemula

 Apakah Anda sering melihat hasil jepretan foto seseorang yang sangat istimewa meskipun hanya diambil menggunakan kamera HP? Nah, meskipun secara umum kamera HP memiliki keterbatasan dan tidak bisa dibandingkan dengan kamera DSLR, bukan berarti hasil jepretan foto yang didapatkan kalah keren.

Hanya saja, banyak pengguna HP yang tidak menyadari kemampuan kamera mereka. Kebanyakan pengguna hanya menggunakan pengaturan kamera default dari HP yang digunakan. Oleh karenanya, untuk Anda yang ingin meningkatkan hasil jepretan kamera HP, Anda perlu mengetahui beberapa tips fotografi HP pemula yang sebenarnya cukup mendasar.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa tips mudah untuk fotografi HP demi hasil jepretan yang lebih menarik. Bukan tidak mungkin nantinya hasil jepretan HP Anda bisa bersanding dengan hasil jepretan flagship atau bahkan kamera DSLR.

Penasaran apa saja tips untuk belajar fotografi pemula dengan kamera HP demi hasil foto yang lebih baik? Simak ulasannya!

BACA JUGA: Saling Menyerupai, Ini 4 Perbedaan antara Sinematografi dan Videografi

5 Tips Fotografi HP Pemula

Ada beberapa tips yang sebenarnya cukup mendasar terkait belajar fotografi dengan menggunakan HP. Tips yang bisa dipelajari tersebut tidak hanya akan membantu Anda meningkatkan kualitas foto dan teknik pengambilan foto, tetapi juga membuktikan bahwa sebenarnya kamera HP juga bisa diandalkan untuk mengambil gambar yang berkualitas.

Nah, beberapa tips mendasar yang perlu diketahui perihal fotografi dengan HP diantaranya adalah sebagai berikut:

1)    Ambil Gambar dengan Format RAW

Tips pertama untuk mendapatkan hasil fotografi HP yang lebih maksimal adalah mengambil gambar dengan format RAW. Memang, sebagian besar kamera HP ditunjang dengan format JPG untuk mengambil gambar. Hal ini dikarenakan format JPG cenderung lebih mudah untuk dibuka dengan beragam aplikasi.

Namun, perlu diketahui bahwa format RAW memiliki kualitas yang lebih baik. Pasalnya, dengan format ini maka tidak ada kompresi yang dilakukan pada kualitas foto yang diambil.

2)    Hindar Terlalu Sering Menggunakan Flash

Banyak pengguna HP yang mengambil foto dengan menyalakan flash. Salah satu alasannya adalah untuk menambah intensitas cahaya. Padahal, flash justru akan membuat kualitas foto menurun.

Ada baiknya jika Anda berusaha mencari pencahayaan alami. Selain itu, cobalah untuk memaksimalkan beberapa fitur kamera yang berhubungan langsung dengan pencahayaan, seperti white balance dan lainnya.

3)    Gunakan Lensa Tambahan

Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan lensa yang berbeda. Memang, lensa kit yang ada pada HP bisa diandalkan. Namun, jika Anda memang ingin fokus pada dunia fotografi, maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakan lensa tambahan.

Ya, penggunaan lensa tambahan ini bisa menjadi ide tips fotografi HP pemula yang cukup menarik. Pasalnya, ada produk lensa yang dibuat secara khusus untuk momen dan suasana tertentu.

4)    Atur Ulang Fitur Kamera

Kamera HP sebenarnya sudah dibekali dengan beberapa fitur penunjang untuk meningkatkan hasil jepretan foto. Beberapa diantaranya adalah ISO, shutter speed, HDR dan lainnya. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Nah, untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal, cobalah untuk mengatur ulang fitur kamera tersebut. Masuk di bagian pengaturan kamera manual. Coba cara setting yang pas untuk masing-masing fitur tersebut, terutama disesuaikan dengan tingkat pencahayaan natural yang didapatkan.

BACA JUGA: 5 Desainer Grafis Terkenal Yang Bisa dijadikan Referensi

5)    Mulai Bereksperimen dengan Post Processing

Post processing dalam dunia fotografi adalah proses pengolahan gambar setelah pengambilan atau editing. Poin ini sangat penting karena secara langsung akan membantu memaksimalkan hasil jepretan kamera HP.

Dengan menggunakan post processing, Anda tentu bisa menambahkan beberapa efek atau mengoreksi warna agar terlihat lebih menarik, terutama untuk kamera HP dengan fitur yang terbatas.

Ada cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk teknik ini. Selain itu, Anda juga bisa mencari referensi tentang penggunaan aplikasi tersebut di banyak channel belajar fotografi online yang tersedia di YouTube.

Beberapa hal di atas merupakan beragam tips dan teknik fotografi HP Android yang perlu Anda ketahui dengan mendalam demi hasil jepretan yang lebih istimewa dan maksimal. Hanya saja, tips tersebut akan bekerja dengan maksimal jika ditunjang dengan device HP yang memiliki spesifikasi kamera mumpuni.

Salah satu rekomendasi HP yang cocok untuk hasil jepretan foto yang maksimal adalah huawei mate 30 pro. HP besutan Huawei ini memiliki fitur kamera yang bisa diandalkan untuk mendapatkan hasil foto yang jernih dan juga tajam. Bagaimana tidak, HP ini hadir dengan fitur quad camera untuk kamera utama.

Sumber: hulondalo.id

Share