6 Teknik Fotografi dengan Smartphone, Jangan Sekali-kali Zoom Obyek Foto

6 Teknik Fotografi dengan Smartphone, Jangan Sekali-kali Zoom Obyek Foto

Sebelum adanya smartphone, berkecimpung ke dalam dunia fotografi memerlukan banyak uang untuk membeli peralatan seperti kamera. Namun setelah menjamur di seluruh belahan dunia, smartphone mulai digunakan sebagai alternatif yang mudah untuk mengambil gambar dengan kualitas yang baik.

BACA JUGA: 8 Tips Fotografi di HP Biar Gak Kalah dengan Kamera Profesional

Inilah 5 trik menggunakan ponsel pintar Anda untuk mengambil foto dengan hasil yang tidak kalah dari menggunakan kamera :

1. Menggunakan mode gridlines pada kamera

Menggunakan mode gridlines pada kamera ponsel Anda dapat menempatkan serangkaian garis pada layar kamera ponsel Anda berdasarkan rule of thrids (prinsip komposisi fotografi) yang mengatakan bahwa sebuah gambar harus dipecah menjadi tiga, baik secara horizontal maupun vertikal, sehingga Anda memiliki sembilan bagian dalam foto secara total.

Menggunakan mode gridlines pada ponsel Anda bisa membuat hasil foto lebih seimbang dan rata, sesuai dengan teori tersebut.

2. Atur kamera dalam mode fokus

Kamera ponsel saat ini secara otomatis fokus pada bagian depan, tetapi tidak setiap gambar yang Anda ambil di ponsel memiliki subjek yang jelas. Untuk mengatur fokus pada lensa kamera, buka aplikasi kamera lalu sentuh layar tempat Anda ingin mempertajam fokusnya.

Apabila ingin mengambil foto sesuatu yang bergerak, ketuk layar untuk mengatur fokus kamera ponsel Anda sebelum mengambil gambar untuk memastikan subjek bergerak memiliki fokus yang diinginkan. Saat ikon persegi atau lingkaran muncul di layar kamera, geser fokus bidikan Anda ke semua subjek di dalam foto tersebut.

3. Fokuskan pada satu titik

Beberapa fotografer profesional mengatakan bahwa subjek tidak boleh memenuhi seluruh bingkai, dan dua pertiga dari foto harus berupa ruang negatif (area yang mengelilingi subjek) sehingga membantu salah satu subjek lebih menonjol.

Pastikan Anda mengetuk layar ponsel Anda untuk memfokuskan kamera pada satu subjek yang ingin Anda tonjolkan, hal itu akan memastikan untuk fokus dan memiliki cahaya yang optimal.

4. Mengambil gambar dengan angle yang berbeda

Mengambil foto dari sudut yang unik dan tak terduga dapat membuatnya lebih berkesan. Hal itu cenderung menciptakan ilusi kedalaman atau ketinggian dengan subjeknya. Ini juga membuat gambar menonjol, karena sebagian besar foto ponsel diambil secara langsung atau dari pandangan mata burung.

5. Hindari memperbesar foto

Saat Anda mengambil foto dari jarak jauh, Anda tergoda untuk memperbesar sesuatu yang ingin Anda ambil. Namun sebenarnya memperbesar foto atau photo zoom bukanlah hal yang direkomendasikan karena dapat membuat kualitas foto menjadi buram.

Sebagai gantinya, cobalah untuk lebih dekat dengan subjek Anda, dengan begitu, Anda tidak akan mengurangi kualitas, dan lebih mudah untuk mengatur gambar yang Anda inginkan.

BACA JUGA: 9 Cara Memotret yang Bagus Hanya Bermodalkan HP Android

6. Atur eksposur secara manual

Mengetuk layar Anda saat kamera ponsel Anda aktif tidak hanya memfokuskan kembali lensa pada subjek, hal tersebut juga  menyesuaikan seberapa banyak cahaya yang masuk ke dalam kamera. Terkadang, cahaya yang masuk secara otomatis dapat merusak gambar sehingga terlihat tidak sempurna.

Untuk mengubah eksposur kamera smartphone Anda secara manual, buka aplikasi kamera Anda dan ketuk layar. Saat Anda melihat lensa memfokuskan kembali, Anda akan melihat ikon matahari yang sangat kecil dengan skala vertikal. Geser perlahan jari Anda ke atas dan ke bawah untuk menyesuaikan tingkat cahaya.

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/

Share