7 Tips Melakukan Kampanye Pemasaran SEM (Search Engine Marketing)

7 Tips Melakukan Kampanye Pemasaran SEM (Search Engine Marketing)

Pemasaran mesin pencari atau Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan bisnis Anda di pasar yang semakin kompetitif. Dengan jutaan bisnis di luar sana semua pebisnis berlomba-lomba untuk menarik pelanggan yang mungkin sama.

Beriklan secara online saat ini menjadi hal yang penting dan patut untuk diberi perhatian sehingga pemasaran Anda lewat mesin pencari atau search engine dapat efektif dan efisien dalam pengembangan bisnis yang Anda miliki.

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari gambaran umum tentang dasar-dasar pemasaran mesin telusur atau lebih dikenal dengan SEM serta beberapa tips dan strategi untuk melakukan pemasaran mesin telusur dengan benar.

BACA JUGA: 8 Cara Termudah Mempercepat Loading Website

Pemasaran mesin pencari merupakan pemasaran bisnis menggunakan iklan berbayar yang muncul di halaman hasil mesin pencari atau SERP (Search Engine Result Page). Pengiklan memperkirakan kata kunci yang mungkin dimasukkan oleh pengguna layanan seperti Google dan Bing saat mencari produk atau layanan tertentu.

Kemudian Anda mendapatkan  peluang agar iklan Anda muncul di samping hasil untuk kueri penelusuran tersebut. Iklan ini, yang sering dikenal dengan istilah iklan bayar per klik atau Pay Per Click (PPC).

PPC pun dapat ditandai dengan berbagai format tampilan,  mungkin Anda pernah melihat beberapa iklan yang berukuran kecil, iklan berbasis teks,  iklan cantuman produk atau yang juga dikenal sebagai iklan belanja dan terlihat lebih visual, iklan berbasis produk yang juga dikenal memungkinkan konsumen untuk melihat informasi penting secara sekilas seperti harga dan ulasan dari brand Anda.

Kekuatan terbesar pemasaran mesin telusur adalah menawarkan peluang kepada Anda untuk menempatkan iklan di depan pelanggan yang termotivasi yang siap membeli pada saat yang tepat saat mereka siap untuk melakukan pembelian.Tidak ada media periklanan lain yang dapat melakukan ini, itulah sebabnya SEM sangat efektif dengan cara yang luar biasa ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda.

Mengenal apa itu Search Engine Marketing

Saat ini SEM biasanya menggambarkan penggunaan iklan berbayar untuk memasarkan bisnis Anda di hasil mesin pencari. Perusahaan dapat beriklan di hasil pencarian untuk meningkatkan lalu lintas situs web, mengarahkan prospek, atau menghasilkan penjualan. SEM identik dengan istilah yang lebih umum yaitu iklan bayar per klik atau Pay Per Click (PPC) .

Di masa lalu iklan PPC (Pay Per Click) bukan satu-satunya strategi yang identik dengan SEM. Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) juga berfokus pada peningkatan visibilitas Anda dalam hasil pencarian namun secara organik. Maka dari itu SEO juga dianggap sebagai bagian dari SEM.

Ketika iklan online berkembang dan menjadi lebih populer. Saat ini industri pemasaran digital memandang SEM dan SEO sebagai strategi yang terpisah. Kedua strategi bekerja sama dengan baik, itulah sebabnya banyak bisnis yang meluncurkan kampanye SEO dan SEM secara terkoordinasi.

Anda dapat menggunakan SEM untuk menargetkan kata kunci tertentu, serta lokasi, minat pengguna, dan perilaku pengguna. Opsi penargetan lanjutan ini memungkinkan tim Anda membuat kampanye SEM yang ditargetkan dan kompetitif. Dengan SEM, perusahaan Anda mengiklankan produk dan layanan di hasil mesin pencari.

Anda mendapatkan tempat yang menonjol di hasil pencarian, itulah sebabnya bisnis memperoleh laba atas investasi ROI (Return on Investment) rata-rata sebesar 30 ribu rupiah untuk setiap 15 ribu rupiah yang dihabiskan untuk iklan PPC. Disaat perusahaan Anda membayar untuk setiap klik iklan, sebagian besar kampanye SEM berfokus pada konversi.

Pada strategi SEM, Anda akan memaksimalkan kampanye untuk mendorong pembelian, pendaftaran, panggilan telepon, dan lainnya. Itulah sebabnya kampanye iklan menargetkan kata kunci transaksional seperti; jual beli laptop second, mobil murah, tas sekolah murah, dsb.

Search Engine Marketing memerlukan pengeluaran iklan bulanan, banyak pebisnis biasanya menggunakan SEM sebagai strategi jangka pendek. Misalnya, Anda dapat meluncurkan kampanye SEM untuk segera hadir di hasil penelusuran.

Langkah ini memberi bisnis Anda hasil instan. Ini juga mendukung strategi SEO, yang dapat memakan waktu beberapa bulan untuk memberikan hasil yang Anda inginkan. Namun, begitu strategi SEO mulai berjalan, perusahaan Anda dapat memodifikasi kampanye SEM.

Anda misalnya dapat menurunkan pengeluaran iklan bulanan untuk meningkatkan anggaran untuk copywriting SEO atau bisnis Anda dapat bereksperimen dengan strategi pemasaran digital lainnya, seperti media sosial atau pemasaran video.

BACA JUGA: Teknik-Teknik Dasar SEO yang Wajib Banget Anda Ketahui!

7 tips kampanye pemasaran SEM

Jika Anda ingin bisnis muncul di beberapa halaman pertama pencarian Google, Anda memerlukan pemasaran mesin pencari SEM. Berikut adalah 7 tips pemasaran mesin pencari yang dapat meningkatkan bisnis yang Anda miliki atau sedang kembangkan.

Kenali Audiens

Salah satu bagian terpenting dari kampanye pemasaran mesin pencari adalah mengetahui audiens. Anda perlu mengetahui siapa mereka dan masalah apa yang mereka miliki agar dapat membuat iklan secara efektif. Semakin banyak Anda mengetahui tentang target pasar dan mengapa produk Anda dapat membantu mereka, semakin Anda dapat membuat iklan yang menarik bagi mereka.

Anda dapat membuat iklan yang menawarkan solusi untuk masalah pelanggan. Mengetahui segala sesuatu tentang target pasar juga melibatkan informasi di mana mereka tinggal, jenis masalah apa yang mereka miliki, minat mereka, dan bagaimana produk Anda dapat membantu mereka memecahkan masalah. Informasi ini akan membantu menulis iklan yang menarik bagi target pasar.

Persuasif

Bagian lain dari pemasaran mesin pencari adalah memastikan tulisan yang Anda tulis persuasif. Anda tidak dapat mengharapkan konsumen untuk mengunjungi situs web hanya karena anda menampilkan produk dalam sebuah iklan. Anda harus membuatnya menarik dan persuasif yang berarti menyoroti fitur produk yang Anda miliki.

Disisi lain, Anda juga harus spesifik tentang produk yang Anda rancang apakah dapat membantu orang atau tidak. Dengan begitu, ketika seseorang melakukan pencarian Google yang berkaitan dengan produk Anda, mereka melihatnya di atas pencarian Google, mereka akan mengkliknya karena menarik bagi mereka atau menjawab pertanyaan mereka.

Riset Kata Kunci

Kata kunci sangat penting jika Anda ingin iklan terlihat. Anda harus memilih kata kunci yang digunakan pasar secara optimal yang tidak digunakan oleh pesaing. Ketika memilih short-tail keywords atau long-tail keywords dan menempatkannya di pemasaran mesin pencari, Google akan memberi peringkat iklan Anda lebih tinggi dan kemungkinan besar iklan atau konten Anda akan dilihat oleh pasar.

Untuk mengetahui kata kunci yang tepat tentunya Anda harus melakukan riset kata kunci dan menentukan volume serta daya saing kata kunci yang Anda butuhkan untuk iklan.

Alat Terbaik

Ketika memulai belajar dan menguasai pemasaran mesin pencari, perlu dipastikan bahwa Anda memiliki alat terbaik. Misalnya, Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki alat yang dapat membantu penelitian kata kunci, berapa banyak lalu lintas yang diterima situs web Anda, dan seberapa sulit peringkat kata kunci yang diinginkan.

Anda harus melihat Google Trends yang merupakan alat gratis untuk membantu melihat kata kunci apa yang populer atau tidak populer.

Konsisten Dalam Strategi

Strategi yang konsisten juga harus melibatkan pemilihan strategi SEM. Anda harus mencari tahu apakah akan melakukan iklan organik atau berbayar. Ketika sudah memutuskan, disinilah Anda harus konsisten. Misalnya jika Anda menulis iklan di Google, Anda harus konsisten dan mencari tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak. Anda harus bersedia untuk menyesuaikan diri untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Intip Kompetitor

Anda harus selalu melihat apa yang dilakukan pesaing. Lihat bagaimana peringkat mereka di Google, hal berbeda apa yang mereka lakukan, serta gagasan apa yang dimiliki pesaing. Hal ini akan memberi Anda informasi tentang strategi pemasaran. Dari sini, Anda dapat mengetahui strategi mana yang unggul di pencarian Google.

Berikan Konten Berkualitas

Bagian lain dari pemasaran mesin pencari dan peringkat tinggi di Google adalah memastikan bahwa Anda menyediakan konten berkualitas. Artinya Anda dapat memulai menulis konten di situs web yang informatif dan berwawasan luas untuk target pasar.

Menulis konten berkualitas berarti Anda memahami apa yang dicari pasar sekaligus juga tahu bagaimana minat mereka berubah berdasarkan popularitas kata kunci. Ketika Anda memahami pasar dan mengirimkan mereka informasi yang bukan clickbait, tetapi lebih berwawasan dan membantu, ini akan membantu membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen Anda.

Kesimpulan dan Penutup

Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, spesialis SEM dan perusahaan IT menggunakan kampanye pemasaran mesin pencari untuk memangkas biaya, menghemat waktu, dan meningkatkan keuntungan sejauh mungkin.

Pemasaran mesin pencari dapat membantu bisnis Anda menarik lebih banyak prospek. Dengan strategi yang sempurna, Anda dapat menarik lebih banyak pengunjung situs web dan menunjukkan kepada orang-orang bagaimana Anda dapat membantu mereka.

Sumber: https://idcloudhost.com/7-tips-melakukan-kampanye-pemasaran-sem-search-engine-marketing/

Share