9 Aplikasi Edit Video Terbaik Android yang Mudah dan Praktis

9 Aplikasi Edit Video Terbaik Android yang Mudah dan Praktis

Teknologi semakin mempermudah aktivitas manusia, termasuk untuk mengedit video. Kini banyak aplikasi edit video terbaik Android, yang bisa membuat editing video lebih mudah. Berikut daftarnya.

Teknologi yang semakin berkembang turut mempengaruhi perkembangan aplikasi edit video. Untuk memiliki aplikasi edit video terbaik Android, Anda bisa mengunduh dengan mudah. Bahkan sebagian besar aplikasi-aplikasi tersebut bisa digunakan secara gratis. Bagi para pengguna Andorid, Anda bisa mengunduh aplikasi edit video melalui Google Play Store. Berikut aplikasi edit video terbaik Android yang bisa Anda unduh dan gunakan dengan mudah.

  1. KineMaster

Rekomendasi aplikasi edit video di Android yang pertama yaitu KineMaster. Aplikasi ini sudah populer sejak dahulu. Untuk para pemula, aplikasi ini cukup mudah digunakan. KineMaster juga memiliki fitur editing yang canggih dan membuat hasil editing semakin kreatif. Ada banyak efek yang bisa membuat video nampak profesional. Anda juga bisa menggunakan beberapa transisi untuk membuat penampilan video semakin menarik.

Fitur unggulan dari aplikasi ini antara lain penambahan gambar, teks, efek, stiker, hingga tulisan tangan. Meskipun demikian, aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis. Di akhir video Anda akan melihat watermark yang cukup menggangu. Untuk menghilangkan watermark tersebut, Anda harus membayar.

Baca Juga: Tips Membuat Video Menarik dengan Smartphone

  1. InShot

InShot juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin mengedit video melalui HP. Aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup mudah digunakan, meskipun ada beberapa iklan yang muncul sehingga cukup menggangu proses editing.

Di aplikasi ini Anda bisa menggunakan fitur trim, crop, split, dan berbagai fitur lain yang dibutuhkan untuk mengedit video. Anda juga bisa menggunakan filter dan menampahkan musik atau vioceover. Setelah selesai mengedit, Anda bisa langsung membagikan video ke berbagai sosial media seperti Instagram, TikTok, dan berbagai media sosial lain. Namun jika tidak ingin membagikan ke sosial media, Anda juga bisa memilih opsi menyimpan ke galeri smartphone yang digunakan untuk mengedit.

  1. FilmoraGo

Aplikasi edit video di HP berikutnya yaitu FilmoraGo. Aplikasi ini memiliki fitur dasar yang dibutuhkan oleh video editor seperti memotong video, penambah tema, penambah musik, dna fitur penting lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa mengatur ukuran tampilan dari video tersebut. Ukuran tersebut bisa disesuaikan dengan sosial media tempat Anda berbagi video.

Misalnya jika Anda ingin mengunggah video tersebut ke Instagram, maka Anda dapat memilih ukuran 1:1. Lain halnya ketika Anda ingin mengunggah video ke YouTube, ukuran video yang paling sesuai yaitu 16:9. FilmoraGo juga menghadirkan banyak template gratis yang bisa Anda gunakan. Namun untuk bisa menggunakan seluruh fitur yang ada di aplikasi ini, Anda harus membayar biaya langganan.

4. PowerDirector

PowerDirector merupakan aplikasi edit video Android tanpa watermark. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, jadi cocok untuk para pemula. Fitur editing yang dimilikinya juga cukup lengkap, bahkan ada 30 efek yang bisa Anda gunakan. Aplikasi ini memungkinkan anda membuat video 4K dengan hasil gambar yang lebih berkualitas. Jika Anda ingin membuat video unik seperti video-video slowmotion, aplikasi ini juga bisa menjadi pilihan. Ukuran PowerDirection cukup kecil, sehingga tidak membuat smartphone terbebani.

  1. Adobe Premiere

Rush Aplikasi edit video gratis lainnya yaitu Adobe Premier Rush. Sama halnya dengan PowerDirecton, aplikasi ini juga hadir dengan fitur tanpa watermark. Meskipun gratis, namun di aplikasi Adobe Premiere Rush tidak terdapat iklan yang mengganggu pengguna.

Jika menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menggunakan fitur edit video dasar, efek video, mengubah warna, hingga menambahkan animasi khusus. Ada juga fitur kamera yang dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas terbaik. Hasil dari editing di aplikasi ini juga bisa langsung dibagikan ke berbagai sosial media. Jadi akan menghemat waktu untuk upload video.

  1. VideoShow

VideoShow bisa menjadi aplikasi edit video terbaik Andorid yang Anda gunakan untuk mengedit berbagai video. Di aplikasi ini ada beberapa fitur penting seperti memotong video, menambahkan video, efek, penambahan musik dan efek suara, serta berbagai fitur penting lainnya. Anda juga bisa menggunakan tema gratis yang tersedia di aplikasi tersebut. VideoShow juga bisa digunakan untuk compress ukuran video tanpa mengurangi kualitas dari video tersebut.

7. Magisto

Magisto bisa digunakan untuk menggabungkan berbagai video, menambahkan foto dalam video, menambahkan musik, teks, hingga filter dalam video. Aplikasi edit video Android ini juga memiliki fitur artificial intelligence yang dapat membuat analisis terhadap video yang dibuat. Fitur A. I tersebut juga bisa membantu Anda memilih fragmen menarik untuk video tersebut. Dari aplikasi ini, Anda juga bisa langsung membagikan video yang diedit ke sosial media seperti Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, dan berbagai media sosial lain.

Baca Juga: 6 Aplikasi Editing Video di Android yang Bikin Videomu Sekeren Vlogger

8. VivaVideo

Salah satu aplikasi edit video terbaik Android yaitu VivaVideo. Apliaksi ini juga sangat populer. Banyak orang menggunakan VivaVideo untuk mengedit video yang dimilikinya dan membagikannya ke laman social media. Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan VivaVideo yaitu efek video yang beragam. Jadi Anda bisa berekspresi dengan bebas menggunakan efek tersebut. Aplikasi ini juga hadir dalam ukuran yang lebih kecil dengan nama VivaVideo Lite. Terobosan tersebut menjadi solusi untuk Anda yang memiliki HP dengan RAM kecil, namun ingin memiliki aplikasi edit video. Di VivaVideo Lite Anda juga bisa mengedit video tanpa khawatir akan muncul muncul watermark dalam tampilan video tersebut.

9. Kruso

Aplikasi edit video lain yang bisa Anda gunakan dengan mudah yaitu Kruso. Aplikasi ini tidak menampilkan iklan saat proses pengeditan, sehingga sangat nyaman digunakan. Tools editing yang disediakan juga cukup lengkap. Anda bisa memotong video, menggabungkan video, dan menambahkan background dengan mudah. Namun untuk menghilangkan watermark dalam video, Anda harus terlebih dahulu menyaksikan iklan singkat yang muncul.

Sumber : https://katadata.co.id

Share