Rekomendasi 5 Software Desain Web untuk Merancang Situs Tanpa Coding

Rekomendasi 5 Software Desain Web untuk Merancang Situs Tanpa Coding

Dulu, seorang web designer harus menggunakan coding untuk membuat sebuah desain website. Namun, kini sudah ada banyak pilihan software desain web yang akan mempermudah pekerjaanmu.

Meskipun beberapa di antaranya berbayar, beragam pilihan software ini sangat membantu dalam pembuatan desain web.

Kamu tidak perlu memasukkan banyak coding lagi. Pembuatan desain web pun akan menjadi lebih cepat.

Tertarik untuk menggunakan software desain web? Yuk, simak 5 rekomendasinya berikut ini!

Baca Juga: 12 trend web terpopuler

1. Bootstrap Studio

software desain web

Jika ingin membuat sebuah desain web tetapi belum menguasai coding, kamu bisa memilih Bootstrap Studio.

Software desain web yang satu ini memiliki fitur yang lengkap, waktu loading yang cepat, dan grafik yang interaktif.

Dalam software ini, kamu akan menemukan area kanvas, daftar komponen dan fitur, serta bagian untuk menuliskan coding.

Bootstrap Studio juga menyediakan template dan widget yang bisa kamu gunakan secara bebas, seperti header, footer, slideshow, span, dan div.

Selain fiturnya yang terbilang lengkap, kamu juga bisa merancang dan mengembangkan framework Bootstrap di Bootstrap Studio. Jadi, kamu bisa sekaligus menguji website yang sedang dirancang. 

2. Figma

figma

Figma adalah software berbasis browser yang biasanya digunakan oleh para UI designer. Karena berbasis browser, Figma selalu melakukan update fiturnya secara otomatis.

Software desain web yang satu ini memiliki banyak kesamaan dengan Sketch. Namun, salah satu keunggulan Figma adalah memiliki fitur kolaborasi tim, seperti dikutip dari 99designs.

Jadi, kamu bisa kerja bersamaan dengan timmu melalui Figma.

Meskipun terbilang baru dibandingkan pilihan software lainnya, fitur-fitur Figma tidak kalah menarik. 

Selain itu, Figma memiliki tampilan berbasis vektor yang membuatnya simpel dan mudah digunakan.

3. Sketch

software desain web

Jika kamu menggunakan MacOS, Sketch adalah salah satu pilihan software desain web terbaik. Pada awal 2010, software yang satu ini sempat memenangkan penghargaan desain dari Apple.

Sketch berfokus pada penyederhanaan proses pembuatan mockup yang berkualitas tinggi.

Banyak desainer memilih Sketch dengan alasan tampilannya yang rapi dan intuitif sehingga mendukung proses desain dengan mudah dan cepat.

Tak hanya itu, Sketch juga sudah menambahkan beberapa fitur terkait pembuatan prototipe dan akses kolaborasi.

Secara keseluruhan, Sketch merupakan software yang berbasis vektor. Kamu tetap bisa membuka gambar raster. Namun, kamu tidak bisa mengeditnya di Sketch.

Harga: 99 dolar AS (lisensi individual), 9 dolar AS/bulan (lisensi tim)

4. InVision Studio

software desain web

InVision Studio adalah sebuah aplikasi berbasis desktop yang lebih banyak digunakan untuk membuat prototipe.

Secara keseluruhan, InVision Studio memiliki banyak kesamaan dengan Sketch dan Figma. Namun, software desain web yang satu ini lebih fokus pada pembuatan animasi dalam prototype desain web.

Menariknya, InVision Studio terkoneksi langsung dengan sistem berbasis cloud, yakni InVision Cloud. Jadi, kamu bisa menyimpan dan membagikan desainmu melalui cloud tersebut.

Dikutip dari Elegant Themes, InVision Studio juga memiliki fitur Mirror. Dengan fitur tersebut, kamu bisa menguji tampilan atau animasi pada smartphone-mu.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Web Design dan Elemen Penting Pembuatannya

5. Wix

Software yang baru diluncurkan pada 2016 silam ini memiliki banyak koleksi template dan widget yang menarik. Dilansir dari TechRadar, setidaknya ada 500 template yang bisa kamu gunakan secara bebas.

Wix sangat mudah digunakan. Bagi kamu yang tidak punya pengetahuan dasar tentang coding, Wix adalah pilihan yang tepat untukmu.

Pasalnya, software yang satu ini tidak memerlukan coding sama sekali. Kamu bisa menggunakan semua fitur dengan sistem drag-and-drop.

Itulah lima software desain web yang bisa mempermudah pekerjaanmu. Jadi, kamu bisa membuat desain dengan lebih cepat dan praktis. Menarik, bukan?

Jika punya pertanyaan lain mengenai desain web, kamu bisa menanyakannya di kanal Learning Resources Glints Komunitas, lho!

Glints Komunitas adalah forum tanya jawab sesama pengguna Glints dan para profesional di bidangnya. Jadi, pertanyaanmu bisa langsung dijawab oleh mereka yang benar-benar paham dunia desain web.

Tunggu apa lagi? Yuk, sign up dan berdiskusi sekarang juga!

Source
glints.com

Share