10+ Jenis Digital Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis [Terbaru]

10+ Jenis Digital Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis [Terbaru]

Di era digital ini, kita bisa melakukan berbagai kegiatan secara digital termasuk pemasaran produk atau jasa. Mereka yang menjalankan bisnis online mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing. Lalu bagaimana dengan kamu? Kamu mungkin penasaran dengan berbagai jenis digital marketing dan kenapa jenis pemasaran ini memberikan banyak manfaat untuk bisnis.

Tidak ada batasan baku kapan harus melakukan pemasaran secara digital. Namun, akan lebih baik jika kamu segera melakukannya agar hasilnya pun bisa segera kamu dapatkan. Untuk bisa memilih jenis digital marketing yang tepat, kamu bisa membaca artikel ini.

Baca Juga : Tips Mempelajari Strategi Digital Marketing Secara Otodidak

Pengertian Digital Marketing

Pengertian digital marketing

Memahami apa itu digital marketing, jenis, dan manfaatnya untuk bisnis online

Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet. Jika kamu ingin bisnis online tidak hanya berjalan tetapi juga berkembang, maka teknik pemasaran satu ini sangat cocok untuk digunakan.

Selain membantu menarik pelanggan baru, strategi digital marketing yang tepat bisa membawa pertumbuhan bisnis ke tingkat selanjutnya. Jangan lupa pula untuk memahami apa fungsi digital marketing agar mendapatkan hasil yang sesuai harapan. 

Sekarang kamu bisa mencari tahu perbedaan antara traditional marketing vs digital marketing agar bisa lebih memahami keduanya.

Jenis Digital Marketing

Jenis digital marketing dan manfaatnya untuk bisnis

Ada banyak pilihan saat hendak memasarkan produk atau jasa secara digital. Tidak ada batasan berapa banyak strategi yang bisa kamu terapkan selama kamu bisa menjalankan semua dengan baik. 

Berikut adalah jenis-jenis digital marketing yang bisa kamu terapkan kapan pun bisnis online hendak dipasarkan.

Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu jenis digital marketing yang efektif

Masih asing dengan istilah digital marketing satu ini? Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.

Search Engine Optimization (SEO)

Memiliki bisnis online berarti kamu juga harus melakukan optimasi website agar bisa berada di posisi teratas halaman pencarian Google. Upaya tersebut disebut dengan Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website kamu dan kemudian membeli produk yang kamu tawarkan.

Search Engine Marketing (SEM)

Jika SEO merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP

Yang membedakan SEM dengan SEO adalah cara dan proses untuk terlihat dan berada di hasil pencarian Google dan mesin pencarian lain. Untuk menjalankan SEM, kamu bisa menggunakan paid search atau pencarian berbayar, paid search advertising, dan pay per click.

Email Marketing

Dilihat dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Agar semakin yakin untuk menggunakan strategi pemasaran satu ini, coba pelajari terlebih dahulu apa saja manfaat email marketing untuk bisnis online.

Social Media Marketing

Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. (Sumber: pixabay – narciso1)

Media sosial akan memberikan pengaruh yang besar pada bisnis yang sedang kamu jalankan. Hal ini dikarenakan setiap media sosial saat ini memiliki pengguna aktif yang selalu bertambah. Kamu bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.

Affiliate Marketing

Pilihan jenis pemasaran digital selanjutnya adalah affiliate marketing yaitu cara yang banyak orang gunakan untuk menghasilkan uang secara online. Cara untuk mendapatkan uang dari pemasaran jenis ini adalah dengan menjalin hubungan bisnis dengan para pelaku bisnis atau perusahaan untuk mendapatkan komisi. 

Pendapatan yang bisa kamu dapatkan juga tidak terbatas. Pastikan kamu tidak akan melakukan kesalahan digital marketing yang bisa mempengaruhi pendapatan kamu melalui program afiliasi. 

Instant Messaging Marketing

Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kamu saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kamu bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

Influencer Marketing

Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.

Sebagai seorang pebisnis, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mempromosikan produk atau brand. Influencer marketing bisa membantu kamu menjangkau target demografis yang lebih besar dan luas.

Video Marketing

Video menjadi salah satu media yang bisa kamu gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran. Saat ini, video seolah menjadi bintang bersinar. Tentu saja kamu harus bisa melihat peluang di mana kamu bisa memilih video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. 

Mobile Marketing

Jika ingin menjangkau lebih banyak pelanggan, maka kamu bisa memilih jenis digital marketing satu ini. Pencarian Google menunjukkan bahwa populasi global menggunakan voice search pada perangkat mobile atau smartphone. 

Mobile marketing bukan hanya sebuah tren tetapi realita untuk brand yang ingin selalu bisa menemani para pelanggan.

Television Advertising

Digital marketing tidak akan lengkap tanpa kehadiran television advertising. Pemasaran melalui televisi juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di depan televisi. Saat ini bahkan kita bisa menonton acara televisi secara online melalui layanan streaming.

Virtual Reality Marketing

Virtual Reality (VR) digunakan para marketer untuk mendapatkan lebih banyak audiens. Dampak dari komunikasi satu ini tidak mudah terlupakan oleh orang-orang sehingga brand kamu akan selalu diingat. 

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

Segudang manfaat digital marketing untuk bisnis

Digital marketing memberikan banyak manfaat untuk semua ukuran dan jenis bisnis.

Di tahun 2021, digital marketing semakin memberikan manfaat yang lebih pada para penggunanya. Cara yang paling mudah untuk menjalankan pemasaran melalui internet ini adalah dengan memilih jasa digital marketing terpercaya.

Adapun manfaat digital marketing yang bisa dirasakan oleh semua jenis dan ukuran bisnis adalah sebagai berikut terlepas dari produk atau jasa apa yang hendak mereka pasarkan.

Menjangkau Pasar secara Online

Saat memasarkan produk atau jasa secara online menggunakan konsep digital marketing yang terarah dan tepat, kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli. Tidak ada batasan pasar di internet sehingga kamu bisa melakukan pemasaran kepada siapa pun yang berada di internet.

Memberikan Waktu pada Konsumen

Dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional, digital marketing bisa memberikan waktu yang lebih banyak pada konsumen. Biasanya konsumen butuh waktu untuk membuat pertimbangan dan memilih produk. Dengan pemasaran secara digital, mereka bisa lebih leluasa hingga akhirnya memutuskan untuk membeli barang dagangan kamu.

Toko Online 24 Jam

Jika biasanya toko fisik memiliki jam buka, tidak halnya dengan toko online. Kamu bisa tetap menjalankan bisnis termasuk teknik pemasaran yang digunakan selama 24 jam setiap hari tanpa harus menunggu pelanggan datang. Tertarik untuk belajar strategi digital marketing yang bisa memberikan return yang tinggi?

Biaya Relatif Murah

Setiap pemasaran pasti membutuhkan biaya, namun kamu bisa memastikan bahwa pemasaran secara online bisa jauh lebih murah dibandingkan pemasaran secara konvensional. Kamu bisa mencari jasa digital marketing yang menawarkan harga terjangkau untuk mengatur segala kebutuhan bisnis kamu dalam hal pemasaran di internet.

Membantu Terhubung dengan Konsumen

Mayoritas orang di zaman sekarang ini mengandalkan internet untuk berbagai keperluan dan aktivitas. Ada yang mencari informasi atau produk dan ada juga yang hanya sekedar menghabiskan waktu melihat-lihat postingan di berbagai media sosial. 

Dengan melakukan promosi secara online, kamu akan lebih mudah terhubung dengan para konsumen karena semuanya dilakukan melalui internet baik vial media media sosial atau website.

Membantu Melacak Perilaku Konsumen

Membuat target pasar dan konsumen adalah sebuah tantangan tersendiri untuk para pelaku bisnis. Tetapi, kamu bisa melacak perilaku konsumen saat menerapkan strategi pemasaran digital. Alhasil, pemasaran yang dilakukan bisa tepat sasaran. 

Bisnis Terlihat Lebih Profesional

Bisnis yang berada di portal internet terlihat lebih profesional dan up-to-date. Bisnis kamu juga akan terlihat semakin kredibel di mata para pengguna internet. Jadi, pastikan kamu akan menggunakan digital marketing sebagai strategi untuk menarik lebih banyak orang yang bisa kamu ubah menjadi pelanggan di kemudian hari.

Banyak Pilihan Media Digital

Dengan banyaknya jenis digital marketing, ini membuktikan bahwa kamu bisa memilih berbagai pilihan media digital. Jika belum memiliki toko online, kamu bisa mencoba menggunakan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. 

Baca Juga : 5 Strategi Digital Marketing untuk Memulai Bisnis

Kesimpulan

Dengan mengetahui berbagai jenis digital marketing yang ada, kamu bisa menentukan strategi pemasaran mana yang bisa menjadi pilihan utama. Kamu bahkan bisa mengkombinasikan beberapa strategi pemasaran digital agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Menjalankan dan mengelola digital marketing tidak semudah yang kamu bayangkan? Tenang saja karena ada Exabytes yang menyediakan jasa digital marketing Indonesia yang cocok untuk semua jenis dan ukuran bisnis online.

Sumber:https://www.exabytes.co.id/blog/jenis-digital-marketing/