5 Strategi Digital Marketing untuk Memulai Bisnis

5 Strategi Digital Marketing untuk Memulai Bisnis

Digital marketing adalah serangkaian upaya untuk menyampaikan, menawarkan, mempromosikan, menyebarluaskan, dan menjual sesuatu melalui media digital. Media digital yang digunakan, antara lain website, media sosial, marketplace, online store, e-commerce, toko online, aplikasi, dan lain-lain.

BACA JUGA: 3 Ilmu Digital Marketing yang Perlu Dipelajari Para Digital Marketer

5 Strategi Digital Marketing bagi yang Baru Memulai Bisnis

Pada era digital dan teknologi yang pesat seperti sekarang, menerapkan strategi digital marketing dalam memulai dan mengembangkan bisnis merupakan langkah tepat dan memang perlu dilakukan. Industri semakin berkembang dan preferensi konsumen telah bergeser, sehingga tingkat persaingan di dunia bisnis pun semakin ketat. Anda akan ketinggalan dari kompetitor jika tidak menyesuaikan bisnis dengan kondisi pasar saat ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pemasaran digital memiliki banyak manfaat dalam membantu para pebisnis untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya yang terukur. Selain itu, digital marketing dapat membantu Anda mengumpulkan database calon pelanggan dan membangun brand awareness. 

Berikut ini beberapa strategi digital marketing untuk memulai bisnis yang dapat Anda ikuti.

Identitas Produk Harus Jelas

Suatu produk yang memiliki kualitas baik belum tentu bisa laris di pasar. Memiliki produk saja belum cukup untuk bisa sukses menerapkan strategi digital marketing untuk bisnis. Sangat penting bagi Anda untuk membuat identitas produk yang jelas, unik, dan menarik perhatian.

Identitas produk meliputi merek, tagline, logo, dan desain kemasan. Semua elemen ini penting ketika melakukan pemasaran dengan media digital. Anda perlu membuat identitas produk yang mudah diingat dan berpotensi viral.

Selain itu, Anda perlu punya pengetahuan dan keahlian terkait produk maupun layanan yang Anda sediakan. Untuk itu, pelajari semua hal mengenai cara memperkenalkan dan memasarkan produk Anda pada beberapa kursus online gratis yang sudah disediakan di aplikasi belajar online QuBisa berikut ini:

Membangun Website

Website dapat menjadi salah satu identitas bisnis di internet. Calon pelanggan dapat mencari informasi terkait perusahaan dan produk Anda langsung melalui website resmi yang Anda bangun. Untuk permulaan, Anda dapat membuat website sederhana, seperti landing page bisnis Anda.

Mengapa memiliki website penting? Adanya website dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Selain itu, Anda bisa mempromosikan produk 24 jam dan 7 hari seminggu tanpa henti dengan budget yang terjangkau. Di saat yang sama, Anda juga bisa membangun interaksi dengan pelanggan dengan cara yang lebih baik, termasuk mengumpulkan database calon pelanggan.

Bagaimana caranya membangun website bisnis? Simak penjelasan lengkap dengan mengikuti kursus online ini:

Optimasi SEO

Strategi digital marketing berikutnya yang perlu Anda lakukan dalam memulai bisnis adalah optimasi SEO. SEO atau Search Engine Optimization berguna agar konten-konten dalam website Anda memperoleh banyak pengunjung yang akhirnya tertarik untuk melakukan pembelian.

Optimasi SEO dapat dilakukan dengan melakukan riset keyword yang sedang populer dan paling sesuai dengan bisnis Anda. Kemudian Anda dapat menempatkan keyword tersebut pada identitas website serta membuat konten-konten sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sebaiknya Anda menerapkan teknik SEO on page dan SEO off page. Algoritma mesin pencari seperti Google akan lebih mudah untuk merayapi konten Anda, sehingga bisa direkomendasikan pada halaman pertama pencarian Google.

Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial

Peran media sosial sangat penting sebagai bagian dari strategi digital marketing for local citizen. Anda dapat membuat akun media sosial di berbagai platform, seperti TikTok, Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, dan lain-lain.

Diperlukan pengelolaan yang serius untuk dapat membangun akun media sosial yang populer. Anda sebaiknya posting konten yang menarik secara rutin untuk meningkatkan interaksi dan membangun loyalitas audiens.

BACA JUGA: 8 Strategi Digital Marketing di tahun 2022

Promosi Digital Berbayar

Ketika memulai bisnis, anggaran untuk promosi perlu disiapkan sebagai booster percepatan pengembangan bisnis. Jumlah biaya promosi dapat disesuaikan dengan skala bisnis dan modal yang dimiliki, mulai dari 100 ribu, 500 ribu, 1 juta, dan seterusnya.

Ada banyak jenis promosi digital berbayar yang bisa dipilih, antara lain Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, bekerja sama dengan influencer, blogger, dan lain-lain. Anda dapat menetapkan target audiens berdasarkan usia, lokasi, kegemaran, dan demografi lainnya agar sesuai dengan target bisnis Anda. 

Untuk tambahan pengetahuan dan peningkatan skill bisnis, pelajari pula beberapa materi pembelajaran daring mengenai digital marketing berikut:

Digital marketing adalah serangkaian upaya untuk menyampaikan, menawarkan, mempromosikan, menyebarluaskan, dan menjual sesuatu melalui media digital. Media digital yang digunakan, antara lain website, media sosial, marketplace, online store, e-commerce, toko online, aplikasi, dan lain-lain.

Sumber: https://www.qubisa.com/article/strategi-digital-marketing-memulai-bisnis#showContent