10 Tips Fotografi Memakai Ponsel, Sudah Coba?

10 Tips Fotografi Memakai Ponsel, Sudah Coba?

Fotografi kini banyak digemari oleh semua kalangan. Apalagi sekarang sudah banyak smartphone dengan kamera yang mumpuni. Bahkan, dengan teknik dan kemampuan yang maksimal, foto yang dihasilkan akan sangat menarik. 

Berbicara tentang fotografi menggunakan smartphone, ada beberapa cara yang dilakukan supaya hasilnya maksimal. Bagi kalian yang kepo dengan cara-caranya, bisa simak ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA: 6 Teknik Fotografi dengan Smartphone, Jangan Sekali-kali Zoom Obyek Foto

Mencari tahu ponsel dengan kamera bagus terlebih dulu

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah research mengenai ponsel dengan kamera yang aduhai. Memang, handphone dengan harga mahal biasanya memiliki kamera yang canggih.

Namun, biasanya ada juga beberapa tipe smartphone yang meluncurkan ponsel berkamera bagus dengan harga standar. Jadi, kalian bisa mencari infonya terlebih dulu di internet. Misalnya saja melihat review para youtuber gadget

Mencari objek yang menarik 

Sudah menemukan ponsel yang mumpuni? Kalian bisa langsung eksekusi. Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mencari objek yang menarik. Ini karena dengan objek yang cihuy, bisa membuat foto kalian menjadi lebih istimewa lagi.

Tak perlu bepergian terlalu jauh, kalian bisa menemukan objek tersebut di sekitar rumah. Atau kalau bingung, bisa mencari inspirasi di youtube atau instagram. 

Memilih objek yang diam

Fotografi menggunakan ponsel ini sebaiknya memilih objek yang diam. Pasalnya, ponsel tidak mempunyai kemampuan lebih untuk membekukan objek layaknya kamera DSLR maupun mirrorless. Dengan begitu, hasilnya akan lebih maksimal lagi. 

Memanfaatkan cahaya yang ada di sekitar 

Setelah menemukan objek yang pas, kalian bisa memanfaatkan cahaya yang ada di sekitar objek. Baik di samping atau belakang objek. Cahaya ini berfungsi untuk membuat objek menjadi lebih terang, mencolok, dan tajam.

Alasan lainnya pencahayaan cukup pada fotografi menggunakan ponsel adalah karena sensor kamera smartphone sangat terbatas untuk menangkap cahaya lebih banyak. 

Memahami komposisi fotografi 

Berikutnya, kalian juga perlu memahami komposisi fotografi. Sebab, komposisi ini mempengaruhi keindahan hasil foto. Ada banyak komposisi yang bisa kalian terapkan pada foto. Seperti rule of thirdgolden shape, simetris, perspektif, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan malas untuk mencari tahu, ya. 

Mencari fokus dengan cara manual 

Untuk mencari fokus pada ponsel, jangan gunakan zoom ya. Itu karena resolusi akan cenderung menurun apabila fitur zoom dipakai. Oleh karenanya, untuk mencari fokus bisa memakai cara manual. Maksudnya, dekatkan kamera ponsel ke objek. Dengan begitu, resolusi kamera tidak akan berkurang dan hasil foto lebih maksimal. 

Melatih tangan agar stabil 

Kalian juga perlu untuk melatih tangan agar bisa stabil saat memegang ponsel. Ini supaya hasil foto bisa lebih maksimal dan pastinya tidak blur. Kalau masih belum bisa, pakai saja tripod yang khusus untuk smartphone. Namun, tangan dianggap lebih praktis supaya tak bawa tripod ke mana-mana. 

Menggunakan HDR pada kondisi tertentu 

Dalam memotret menggunakan smartphone, kalian bisa memakai mode HDR. Di mana semua foto yang memakai mode satu ini bisa lebih detail dan terang. Berbeda apabila foto tidak menggunakan mode HDR, maka akan ada sisi-sisi yang kurang terang. Biasanya, mode HDR dipakai pada saat memotret pemandangan. 

Tahu kapan menggunakan flash 

Memakai flash memang menjadi senjata ketika ingin memotret di malam hari atau berada di ruangan gelap. Namun, ada kalanya kalau memakai flash justru bisa membuat hasil foto tidak maksimal. Maka dari itu, coba terlebih dulu memotret menggunakan flash dan tidak. Bandingkan keduanya untuk memutuskan mana yang lebih bagus. 

BACA JUGA: 8 Tips Fotografi di HP Biar Gak Kalah dengan Kamera Profesional

Mencoba memotret dengan angle tidak biasa  

Supaya hasil foto lebih menarik, kalian dapat mencoba memotret dengan angle tidak biasa. Misalnya saja seperti ant eye yang menurunkan kamera serendah-rendahnya. Bisa juga dengan metode bird eye atau meninggikan kamera alias memotret dari ketinggian. 

Itulah sejumlah tips fotografi ketika menggunakan ponsel. Ada banyak hal yang bisa dilakukan supaya hasil foto lebih maksimal. Jadi, dari sini kalian bisa belajar kalau untuk menghasilkan potret yang bagus tidak perlu perangkat yang mahal. Namun, itu semua dari kreativitas kalian sendiri. 

sumber: https://www.ussfeed.com/fotografi-pakai-ponsel/

 

Share