4 Pengetahuan Dasar Untuk Sosial Media Marketing

4 Pengetahuan  Dasar Untuk Sosial Media Marketing
 Dalam memulai suatu usaha seperti membuka toko fisik atau usaha dengan skala besar pun memiliki hal-hal mendasar yang membuat semuanya menjadi sempurna. Bisnis konvensional kini semua begerak ke arah digital. Seiring berkembangnya internet di tanah air, banyak sekali pengusaha-pengusaha muda yang sukses dalam bisnis yang memanfaatkan internet. Setelah internet sudah mulai menyebar, dan pengguna internet di tanah air selalu bertumbuh dari tahun ke tahun, peluang untuk memasarkan produk atau berjualan di internet sangatlah propektif. 
 
Kami akan bagikan beberapa pengetahuan dasar untuk sobat Nata semua mengenai sosial media marketing. Ketika Anda memerlukan bantuan untuk memulai strategi sosial media marketing? Simak ulasannya berikut ini, sebetulnya tujuan dan target dari strategi sosial media marketing dapat membantu Anda agar terhubung dengan pelanggan Anda.

Baca Juga : 7 Hal Ini Perlu Dipersiapkan untuk Digital Marketing yang Sukses untuk Bisnis

 
Berikut adalah pengetahuan dasar untuk sosial media marketing:
 
1. Identifikasi Goal.
 
 
Pertama yang harus sobat Nata perhatikan dalam sosial media marketing adalah mencari dan menentukan tujuan serta goal bisnis Anda. Bahkan bagian dari strategi sosial media harusnya sesuai dengan tujuan apa yang ingin dicapai. Kami yakin tujuan utama Anda adalah profit, namun lebih dari itu adalah hal-hal seperti kesadaran merek menjadi kunci yang tidak bisa dilupakan. Pertama adalah brand awereness atau kesadaran merek, karena dengan itu, peluang produk Anda dikenal semakin besar, ketika produk Anda dikenal maka peluang untuk terjadi repeat order semakin besar.
 
2. Identifikasi pelanggan ideal.
 
 
Setelah memiliki goal dan tujuan utama, sobat Nata juga perlu mengidentifikasi siapa market yang cocok. Ketika bisnis yang sobat Nata bangun tidak mempunyai interaksi dengan follower, maka media sosial itu tidak memiliki profil pelanggan yang tepat. Hal-hal simple seperti gender, umur, ketertarikan menjadi hal yang cukup penting, agar follower di media sosial Anda spesifik dan sesuai dengan target. Catat ini, ketika sobat Nata mengetahui target audiens Anda, misal usia, pekerjaan, pendapatan per bulan, minat, serta kebiasaan bahkan hingga motivasi maka akan jauh lebih mudah dan tidak akan menghabiskan biaya yang besar dan membuang waktu.
 
3. Riset pesaing.
 
 
Sobat Nata harus yakin bahwa banyak sekali orang yang memanfaatkan sosial media marketing untuk tujuan bisnis. Pada point ini Nata Connexindo digital marketing services akan menyarankan untuk melakukan riset kompetitor. Ketika kita melakukan riset kompetitor, kita akan tahu tentang aktivitas mereka dan juga membarikan gambaran akan strategi yang dapat diterapkan untuk perkembangan bisnis. Mulai dari melakukan listing setidaknya 3 hingga 5 kompetitor utama, mulai lakukan ini, cari jaringan atau platform sosial media apa yang digunakan dan jangan lupa analisa strategi konten mereka. Lihat jumlah fans atau juga follower pesaing, dan juga seberapa sering mereka memposting konten, saran kami analisa dengan detail hingga ke hari apa mereka posting.
 
 
Setelah membaca pengetahuan dasar untuk sosial media marketing ini kami harap sobat Nata akan mengerti tentang bisnis dalam media sosial. Masih banyak lagi artikel dan juga tips-tips mengenai sosial media marketing dan juga digital marketing di facebook dan instagram kami.