3 Alasan Utama Mengapa Digital Marketing Itu Penting?

3 Alasan Utama Mengapa Digital Marketing Itu Penting?

Dalam bisnis marketing itu sangat penting karena sebagai ujung tombak pertumbuhan bisnis perusahaan. Namun dengan seiring perkembangan jaman tentunya terjadi perubahan pola marketing. Kini trend marketing menjadi serba digital. Karena itu Digital Marketing menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan untuk meningkatkan pemasukannya.

Pengertian Digital Marketing

Namun sebelumnya anda sebaiknya mengetaui Apa Itu Digital Marketing ? Digital Marketing merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh oleh perusahaan untuk memasarkan bisnis yang sedang mereka kelola. Aktivitas pemasaran dinilai penting dalam perusahaan dikarenakan pemasaran sangat menentukan keberlangsungan sebuah bisnis.

Tanpa adanya pemasaran bisnis yang anda jalankan akan sangat sulit untuk berkembang. Sebab sangat sedikit sekali orang yang mengetahui keberadaan perusahaan anda.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, aktivitas pemasaran mulai berkembang. Anda sebagai pebisnis bisa melakukan pemasaran lewat dua cara, pertama melalui offline dan yang kedua melalui online. Digital marketing Indonesia juga sudah mulai merambah sangat luas. Bagi Para pebisnis dan pengusaha yang sudah mengepakkan sayap bisnis mereka ke berbagai platform sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Blog, Whatsapp dan lain sebagainya.

Pemasaran secara online mungkin belum banyak diterapkan layaknya pemasaran secara offline. Hal ini dirasa wajar, sebab teknik pemasaran melalui offline telah lebih dulu berkembang dibandingkan pemasaran online.

Padahal dengan kombinasi yang tepat antara kedua teknik pemasaran ini dapat membantu anda sebagai pebisnis untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan.

Meluasnya digital marketing juga membuka peluang kerja baru bagi masyarakat. Dengan adanya perubahan teknik pemasaran tentunya membuat semakin banyak orang yang membuka jasa digital marketing serta banyak diantara para ahli pemasaran pula yang mengembangkan modul terkait dengan digital marketing, sehingga dapat bermanfaat untuk para pebisnis dalam mengembangkan strategi digital marketing yang mereka perlukan.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Mondo sebuah provider teknologi dan digital marketing menunjukkan hasil risetnya bahwa banyak perusahaan yang berencana untuk meningkatkan budget digital marketing perusahaan mereka. Dinyatakan bahwa sekitar 80% perusahaan akan meningkatkan budget digital marketing selama setahun sampai 18 bulan ke depan, yang mana 40% perusahaan akan meningkatkan budget sebanyak 5-10%, 32% perusahaan akan meningkatkan budgetnya 10-25% dan sisa perusahaan yang lain akan menaikkan budget digital marketing mereka setara dengan 0-5%.

Apa Tujuan Digital Marketing?

Sebenarnya, apa tujuan digital marketing? Sampai-sampai riset mengatakan bahwa lebih dari 50% perusahaan sangat tertarik untuk meningkatkan budget digital marketing mereka. Salah satu tujuan utama dari digital marketing adalah menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada. Dengan begitu, digital marketing diharapkan dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas.

Dengan adanya perkembangan ini, kita bisa melihat bahwa menciptakan dan menerapkan digital marketing untuk bisnis sama saja seperti mendukung transformasi digital serta pertumbuhan perusahaan.

Layaknya strategi bisnis yang lain, digital marketing juga memiliki tantangan yang harus dihadapi oleh para penggunanya. Salah satu tantangan utamanya adalah ruang lingkup dan skala digital marketing itu sendiri. Maksudnya, jika anda berminat untuk menerapkan digital marketing, maka anda harus memikirkan rencana dan teknik digital marketing seperti apa yang akan digunakan, menentukan jumlah kegiatan digital marketing yang akan dikelola, menentukan konten yang dinamis, menarik, terprogram, dan lain sebagainya.

Meskipun digital marketing juga memiliki tantangan yang cukup berat, namun banyak pengusaha dan pebisnis yang sepakat bahwa digital marketing sangat penting bagi pertumbuhan bisnis dan perusahaan mereka. Menurut website Smart Insights dot com, ada beberapa kelebihan pemasaran digital atau digital marketing yang membuatnya menjadi sangat penting untuk kita terapkan. Berikut ini adalah 3 alasan utama mengapa digital marketing itu sangat penting untuk kita terapkan.

Baca Juga : Manfaat Digital Marketing di Tengah Pandemi

Kenapa Ya Digital Marketing Itu Penting?

1. Digital Marketing dapat Memberikan Brand Awarness Bagi Perusahaan.

Alasan pertama mengapa digital marketing sangat penting adalah digital marketing dapat mengembangkan brand awarness bagi calon pelanggan selain itu juga dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas dan pasti bagi orang-orang yang ada di dalamnya dalam menentukan strategi untuk menggaet calon pelanggan.

Salah satu teknik digital marketing adalah dengan menggunakan website dan media sosial yang dimiliki oleh perusahaan. Melalui kedua sarana ini anda sebagai pebisnis dapat memberikan informasi terbaru yang berkaitan dengan perusahaan. Bisa informasi tentang produk terbaru, diskon yang akan diadakan, dan lain sebagainya.

Kemudahan masyarakat mengetahui setiap produk atau jasa yang anda tawarkan akan menciptakan sebuah loyalitas pasar terhadap perusahaan. Sehingga akhirnya akan semakin besar pula peluang pasar yang bisa didapatkan.

Jika kita tidak ingin target pasar atau target pelanggan kita diambil alih oleh para kompetitor, maka memaksimalkan penerapan digital marketing adalah solusinya. Dengan penerapan digital marketing yang maksimal, kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para target pelanggan kita.

Dalam hal ini, kita bisa menggunakan kata kunci atau keywords yang disarankan oleh aplikasi Google untuk menarik perhatian para calon pelanggan ke situs bisnis kita. Jika salah satu keyword yang kita gunakan telah berhasil membawa mereka mengunjungi situs bisnis kita, maka kita tahu hal tersebut merupakan minat atau ketertarikan yang target pelanggan kita inginkan.

2. Terciptanya Peluang yang Lebih Besar

Pertumbuhan penguna internet setiap tahunnya. Hal ini menjadikan internet sebagai alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memasarkan berbagai produk dan jasa secara lebih luas. Kombinasi digital marketing melalui media sosial, iklan, SEO, dan website sering kali digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan pasar yang lebih luas lagi.

Mengapa digital marketing memiliki efek meluaskan pasar yang dimiliki ?

Hal ini dikarenakan sebagian besar digital marketing memiliki sebuah efek yang bernama direct marketing. Artinya pesan yang disampaikan lewat digital marketing tidak memiliki hambatan dan langsung menuju target pasar yang diinginkan oleh perusahaan.

Jika anda Tidak Memiliki Digital Marketing, maka Kompetitor akan Meraih Perhatian Pelanggan Kita. Lagi-lagi kami sampaikan bahwa perusahaan yang tidak memiliki digital marketing pasti akan sangat merugi. Ketika perusahaan kita tidak mengerahkan sumber daya yang kuat dan kompeten untuk menguasai digital marketing, maka kompetitor kita yang akan melakukannya. Penerapan digital marketing akan memudahkan para pebisnis dan pengusaha untuk bercengkrama langsung dengan konsumen baru atau para pelanggan setia mereka.

Sebuah bisnis tanpa pelanggan akan menjadi bisnis yang hampa. Jadi, jangan sampai para kompetitor kita mendapatkan perhatian dari target pelanggan kita hanya karena kita tidak menggunakan digital marketing atau tidak memaksimalkan penggunaannya yang telah dibangun di awal bisnis. Nah, mulai dari sekarang tetapkan strategi digital marketing yang tepat ya!

Baca Juga : 10+ Jenis Digital Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis

3. Digital Marketing Lebih Hemat Anggaran

Perusahaan yang baru dirintis atau sebuah perusahaan yang masih memiliki skala yang kecil memiliki sumber daya modal yang lebih sedikit dibandingkan dengan perusahaan besar yang telah berkembang.

Hadirnya digital marketing juga membuat budget perusahaan semakin aman dan tidak boros. Kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk print flyer, iklan-iklan cetak, membuat baliho, dan lain sebagainya (mungkin jumlahnya dapat dikurangi).

Dengan begitu, kita bisa beralih pada digital marketing yang dapat memaksimalkan pencapaian tujuan bisnis kita, namun dilakukan secara online sehingga lebih hemat biaya. Dengan dimikian para pebisnis diatas membutuhkan cara alternatif yang lebih hemat anggaran untuk dilakukan.

Caranya bagaimana ?

Mulailah menerapkan digital marketing dalam bisnis anda

Lewat digital marketing anda sebagai pebisnis dapat mulai memasarkan berbagai produk dan mengenalkan perusahaan lewat media sosial atau melalui email marketing. Sebuah survey yang dilakukan oleh Gartner Digital Marketing menyatakan bahwa sebanyak 28% pelaku bisnis akan mengganti anggaran pemasaran lewat saluran tradisional untuk kemudian diinvetasikan ke teknik digital marketing. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab sebesar 40% responden mengakui bahwa mereka telah mendapatkan penghematan yang cukup besar saat menggunakan teknik digital marketing untuk mempromosikan layanan dan produknya.

Gunakan Bantuan Konsultan Bisnis Dan Keuangan

Sumber https://frconsultantindonesia.com