5 Manfaat Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Era Pandemi

5 Manfaat Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Era Pandemi

Di tengah masa pandemi saat ini, para pelaku usaha, khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) harus melakukan berbagai cara untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis, seperti melakukan digital marketing.

Seperti yang kita ketahui, selama pandemi Covid-19 berlangsung, seluruh kegiatan dilakukan secara online sehingga digital marketing sangat dibutuhkan bagi para pebisnis agar menggapai pasarnya dengan mudah.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) juga memberikan dorongan bagi pelaku UMKM agar memanfaatkan digital marketing yang dapat menjangkau pelanggan lebih mudah.

Mungkin beberapa orang masih kesulitan memahami apa saja manfaat dari digital marketing bagi para pelaku UMKM di era pandemi ini. Maka dari itu, kamu perlu simak ulasan ini agar mengetahui manfaatnya berikut ini.

BACA JUGA: 5 Saluran Pemasaran Digital Terbaik Di Indonesia.

1. Dapat menjangkau pelanggan lebih Luas

Digital marketing yang menggunakan jaringan internet membuatmu tidak memiliki batasan dalam menjangkau pelanggan. Kamu hanya perlu melakukan analisa dalam menjangkau pelanggan kamu agar target pasar kamu sesuai dengan produk yang kamu jual.

Analisa tersebut dapat dilakukan melalui data-data target pasar kamu yang ditemukan melalu internet. Data-data yang mendukung yaitu hobi, usia, lokasi, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa membuat konten yang sesuai dengan target pasar sehingga akan lebih menarik bagi pelanggan yang melihat produk kamu.

2. Biaya lebih sedikit dan lebih hemat

Melakukan digital marketing pada bisnis kamu tentunya akan lebih menghemat biaya yang keluar dibandingkan dengan promosi konvensional. 

Kamu bisa melakukan promosi melalui platform e-commerce yang tersedia untuk promosi lebih meluas, serta kamu juga bisa menggunakan media sosial.

Selain menjangkau orang terdekat di lokasi kamu, digital marketing sangat efektif menjangkau konsumen yang berada jauh dari lokasimu sehingga digital marketing akan berkali-kali lebih menguntungkan dibandingkan promosi offline.

3. Meningkatkan penjualan dengan lebih mudah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, digital marketing dapat menjangkau pelanggan tanpa batasan geografis, bahkan kamu bisa menjangkau calon pelanggan yang berada di luar daerah secara tepat.

Hal ini juga mendapatkan bantuan berkat search engine dari Google. Seperti misalnya terdapat pelanggan yang ingin membeli produk tertentu dan melakukan pencarian melalui Google; jika produk kamu sesuai dengan keinginan pelanggan, maka website atau toko online kamu akan muncul di pencarian.

Bahkan Kemenkominfo pun memberikan dorongan untuk menggunakan digital marketing yang bisa memberikan pengaruh bagi penjualan kamu serta memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mencari produk yang mereka inginkan.

4. Mudah menganalisa penjualan

Dengan menerapkan digital marketing dalam bisnis kamu, maka kamu akan lebih mudah menganalisa penjual melalui digital footprint yang ada. Hal ini juga dapat membantu kamu dalam menentukan perilaku konsumen, ketertarikan konsumen pada produk yang kamu jual, dan lainnya.

Data tersebut akan membantu kamu dalam menganalisa konsumen dengan cepat dan tepat sehingga kamu bisa meningkatkan performa penjualan menjadi lebih baik.

BACA JUGA: 5 Strategi Pemasaran Digital untuk Memajukan Bisnis Anda

5. Interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah

Melakukan interaksi dengan pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk mendatangkan pelanggan loyal bagi bisnis kamu.

Kamu bisa melakukan interaksi dan berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan, sehingga tercipta hubungan yang erat antara penjual dan pembeli. Dengan begitu, pelanggan akan merasa nyaman dan merasa dilayani dengan baik sehingga pelanggan bisa repeat order atau bahkan menjadi pelanggan tetap.

Tidak bisa dipungkiri bahwa transformasi digital telah menyentuh segala lini termasuk perdagangan. Untukmu yang sedang mendirikan usaha, bersiaplah beralih ke era digital demi mendukung kemajuan usahamu.

Sumber : https://www.idntimes.com/