Apa Pengaruh Sosial Media Dalam Peningkatan Karir?

Apa Pengaruh Sosial Media Dalam Peningkatan Karir?

 Membicarakan tentang perkembangan teknologi dan informasi di era digital sekarang ini, kurang lengkap jika tidak membahas tentang sosial media. Kehadiran sosial media serta kemudahan aksesnya membuat sosial media memiliki banyak sekali pengguna di seluruh dunia. Sebut saja seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Siapa yang tidak tahu? Mulai dari anak muda, orang tua, sampai anak kecil sudah melek dengan penggunaan Sosial media. Meskipun sering digunakan sebagai sarana hiburan, sosial media bisa juga digunakan dalam komunikasi. Lebih dari itu, sosial media ternyata bisa dimanfaatkan sebagai penunjang karir. Berikut penjelasannya!

BACA JUGA: Perkembangan Media Sosial yang Bisa Jadi Inspirasi Marketing Bisnismu

1. Promosi Diri

Sosial Media bisa di gunakan untuk sarana promosi diri. Tunjukin kemampuan dan bakat yang Anda miliki untuk memancing perhatian banyak orang di Sosial Media. Mempromosikan diri ke masyarakat luar membuka peluang Anda untuk melesatkan karir, sudah terbukti nggak sedikit orang yang sukses dan mendapatkan pekerjaan karena sosial media.

2. Menunjang Bisnis

Bersenang-senang dan dapat penghasilan kenapa enggak? Sarana bisnis yang praktis dan murah tentu aja ada di Sosial Media. Sosial Media seperti pasar atau mall yang penuh sesak dengan pengunjung, nggak heran sosial media dijadikan sebagian orang untuk membuka “lapak” untuk menjual barang ataupun jasa. Manfaatkan sosial media untuk menunjang pekerjaan dan bisnis Anda saat ini.

3. Bangun Image Positif

Daripada mengunggah status, foto atau video yang bernuansa negatif, ada baiknya Anda mengunggah konten positif dan inspiratif. Biasakan untuk berpikir ulang sebelum mengemukakan pendapat atau opini di medsos, utamanya saat berada dalam keadaan emosi. Hal ini akan berdampak langsung pada image Anda di kemudian hari. Termasuk ketika proses rekrutmen, sebagian HRD di sejumlah perusahaan biasanya akan mulai menilai karakter seseorang, dari isi media sosial calon karyawannya.

4. Gunakan Nama dan Foto Wajah Asli

Menggunakan nama dan foto wajah yang asli di profil medsos bertujuan untuk memudahkan orang menemukan Anda dan mengenali siapa diri Anda. Jangan menggunakan nama samaran karena akan terkesan tidak profesional. Anda bisa menambahkan alamat email dan link portofolio agar perusahaan bisa melihat potensi dan lebih mudah menghubungi Anda.

5. Memperluas Network

Salah satu manfaat yang paling nyata dari sosial media adalah memudahkan kita untuk terhubung dengan siapa pun di seluruh dunia. Gunakanlah sosial media Anda tak cuma untuk berinteraksi dengan teman, keluarga atau kerabat saja, tapi juga sebagai kesempatan untuk memperluas jaringan. Bergabunglah dengan sebuah komunitas dan berkenalan dengan banyak orang baru.

6. Membangun Personal Branding

Di era digital saat ini, banyak sekali perusahaan yang melakukan background check dengan memeriksa sosial media calon karyawannya sebelum membuat keputusan untuk menerimanya. Oleh karena itu, pasanglah profile picture yang terlihat profesional dan posting-lah hal-hal yang bersifat positif. Jangan lupa untuk menjaga tata bahasa dan menahan diri untuk mengomentari segala hal, apalagi jika yang bersentimen negatif. Tunjukan kemampuan yang Anda miliki untuk menarik perhatian orang banyak.

BACA JUGA: Perkembangan Media Sosial yang Bisa Jadi Inspirasi Marketing Bisnismu

7. Dapat Ilmu

Sosial Media bisa Anda manfaatkan untuk jadi sumber ilmu pengetahuan. Banyak ilmu yang bisa Anda dapatkan dari Sosial Media dengan mudah, nambah ilmu pengetahuan bisa jadi pengaruh positif untuk menunjang karir. Anda bisa tukar pikiran dan berdiskusi tentang ilmu yang Anda butuhkan dengan orang-orang hebat yang memiliki pengalaman dan kemampuan diatas Anda.

Sekian artikel tentang pengaruh social media untuk karir. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Sumber: https://www.siker.id/detail/tips/400/artikel/bagaimana-cara-menolak-tawaran-kerja-yang-baik

Share