Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial di Era Pandemi

Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial di Era Pandemi

Media sosial adalah wadah bagi seseorang atau orang sekelompok orang untuk mengekspresikan diri sendiri atau untuk menyebarkan informasi dan sebagai wadah untuk nyalurkan bakat atau kemampuan.

Sosial media juga dimanfaatkan untuk bersosialisasi satu sama lain yang dilakukan secara online memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dengan mewabahnya virus covid-19 dari tahun 2020 hingga sekarang kita dijauhkan dari keluarga, kerabat dan teman – teman untuk menjaga Kesehatan Bersama.

Bebagai media sosial dimanfaatkan untuk menjalin sosialisasi di masa pandemik, tidak hanya bersosialisasi social media dimanfaatkan juga untuk belajar karena hingga sekarang sekolah dan perguruan tinggi masih belum berjalan dengan normal, maka dari itu, dengan adanya sosial media akan mempermudah di era pandemik seperti sekarang.

Oleh karena itu penggunaan media sosial meningkat pesat karena himbauan pemerintah untuk tetap di rumah, belajar dan bekerja di rumah. Dengan adanya himbauan pemerintah peningkatan penggunaan media sosial juga meningkat dibandingkan dengan kondisi sebelum adanya pandemi.

Di era pandemi ini juga tidak hanya mendapatkan hal negatif tetapi mendapatkan hal positif untuk para pedagang, karena masyarakat beralih ke eCommerce untuk berbelanja. Peningkatan penggunaan sosial media juga meningkat karena peruturan pemerintah dan himbauan untuk tetap dirumah, belajar dirumah, dan kerja juga di rumah dengan adanya peraturan pemerintah peningkatan penggunaan media sosial juga meningkat dibandingkan dengan kondisi sebelum adanya pandemi.

BACA JUGA: Apa Pengaruh Sosial Media Dalam Peningkatan Karir?

Berdasrkan data we are social penduduk indonesia 150 juta jiwa dengan penetrasi 56% yang tersebar  di seluruh wilayah. Jumlah tersebut hanya selisih sedikit dengan jumlah pengguna  media sosial internet mobile yang berjumlah 142.8 juta jiwa dengan persentase penetrasi sebesar 53%. Bisa dilihat sudah mencapai setengah dari penduduk Indonesia memakai sosial media.

Apa saja pemanfaatan  media sosial yang dapat digunakan
 

1.      Sosial media Sebagai Saluran Komunikasi

Komunikasi yang efektif memainkan peran dalam kehidupan sehari hari, sebelum pandemi mungkin orang orang bisa langsung bertemu dan bermain Bersama, tetapi sekarang masyarakat tidak bisa lansung bertemu oleh karena itu  media sosial memegang peran yang sangat penting, karena itu masyrakat bisa mengobrol di aplikasi Zoom atau google meet.

2.      Pembelajaran dan Jaringan Online

 Media sosial diiklankan di hampir setiap situs web pembelajaran elektronik utama, dan era pembelajaran tradisional telah berakhir. Siswa dapat mendengarkan pelajaran di situs pembelajaran online dan mendiskusikan keraguan mereka menggunakan berbagai saluran sosial media seperti YouTube, Udemy, Facebook dan Instagram.

3.      Mencari dan membina hubungan dengan pelanggan

Karena sekarang masyarakat lebih menggunakan eCommerce untuk berbelanja maka para pedagang yang berjualan online pun dapat mencari dan membina hubungan yang baik dengan pelanggan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan media sosial untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, baik itu pelanggan baru ataupun loyal.

BACA JUGA: Perkembangan Media Sosial yang Bisa Jadi Inspirasi Marketing Bisnismu

4.      Memaksimalkan Penggunaan Iklan

Dengan meningkatnya pengguna media sosial dari tahun ke tahun, membuat pemasar di industri eCommerce semakin mengedepankan penggunaan iklan untuk meraih audiens yang lebih luas. Selain eCommerce yang menggunakan iklan secara digital yaitu ada peran yang sangat penting dalam periklanan baru, yaitu Influencer atau selebgram.

Karena mereka pedagang bisa menggunakan jasa nya untuk menyebar luaskan apa yang ia jual. Bahasa lain nya adalah endorse selain lebih murah dibandingkan dengan iklan di Tv maupun radio, endorse juga bisa mencari target market yang tepat dan banyak.


Sumber : https://www.viva.co.id/vstory/teknologi-vstory/1398908-memaksimalkan-penggunaan-media-sosial-di-era-pandemi?page=2&utm_medium=page-2

Share