Daftar 10 Media Sosial yang Paling Diminati di Indonesia

Daftar 10 Media Sosial yang Paling Diminati di Indonesia

Teknologi sebenarnya dapat dikatakan sebagai satu-satunya solusi yang paling jitu dalam menjawab permasalahan manusia di seluruh dunia. Sebut saja masalah pandemi COVID-19 yang mengharuskan masyarakat dunia melakukan social distancing.

Yup, tuntutan gaya hidup baru atau new normal tersebut pada akhirnya dapat dilakukan dengan lancar berkat kemajuan teknologi, seperti layanan pesan antar daring, layanan internet hingga kehadiran media sosial. Dengan begitu, maka penduduk dapat tetap saling terkoneksi dan melakukan ragam kegiatan secara virtual.

Namun pertanyaannya, apakah kamu tahu media sosial mana sajakah yang paling diminati khususnya di Indonesia? Dengan begitu, kita pun dapat melihat media sosial mana yang dianggap paling membantu permasalahan terkini.

Laporan mengenai penggunaan media sosial

Menjawab fenomena penggunaan media sosial di Indonesia, agensi marketing We Are Social dan platform manajemen media sosial Hootsuit mempublikasikan rumusan laporan berjudul Digital 2021: The Latest Insights into The State of Digital pada awal 2021.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa lebih dari separuh penduduk Indonesia kian aktif menggunakan platform media sosial di era pandemi, tepatnya pada Januari 2021. Tidak tanggung-tanggung, total pengguna mencapai 170 juta dari total 274,9 juta atau 61,8%.

Berdasarkan hasil laporan, jumlah tersebut membuktikan peningkatan mencapai 10 juta atau 6,3% jika dibandingkan dengan data pengguna aktif media sosial di Indonesia pada Januari 2020, yang mana generasi Y dan Z mendominiasi penggunaan media sosial.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Media Sosial Karya Anak Bangsa, yuk Kita Dukung Bersama!

Berikut adalah 10 media sosial yang paling diminati di Indonesia pada 2021. Apakah kamu akan menemukan platform media sosial kesukaanmu?

1. YouTube

Tingkat penggunaan: 93,8%

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Wistia, membuktikan para pengguna internet lebih tertarik menghabiskan waktu di situs dengan dominasi video content. No wonder, YouTube memperoleh peringkat pertama sebagai platform fokus pada online content sharing.

2. WhatsApp

Tingkat penggunaan: 87,7%

Semua orang membutuhkan ruang untuk berkomunikasi. Namun, perbedaan jarak dan waktu terkadang menjadi hambatan. Untuk itulah, WhatsApp hadir sebagai salah satu solusi yang menghubungkan orang untuk berkomunikasi.

3. Instagram

Tingkat penggunaan: 86,6%

Kehidupan manusia pada dasarnya dipenuhi dengan rangkaian momen yang bersifat spesial dan terlalu sayang jika tidak dibagikan. Beruntungnya, Instagram muncul sebagai mata digital yang menyaksikan, menyimpan dan membagikan momen-momen tersebut.

4. Facebook

Tingkat penggunaan: 85,5%

Dari tahun ke tahun, semua orang memiliki ceritanya masing-masing. Ada momen penuh perayaan, ada juga momen yang sarat dengan dukacita. Dengan Facebook, semua momen tersebut akan tersimpan dan terkenang layaknya sebuah buku diary, namun interaktif.

5. Twitter

Tingkat penggunaan: 63,6%

Pada dasarnya, setiap individu manusia memiliki opini atau cuitan terhadap sesuatu di dalam otaknya, termasuk orang Indonesia. Terbukti, Twitter yang menjadi platform untuk membagikan cuitan diganderungi oleh para pengguna Indonesia. Apakah termasuk kamu?

6. Facebook Messenger

Tingkat penggunaan: 52,4%

Mengikuti reputasi Facebook yang masih tinggi di Indonesia, rasanya tidak mungkin media sosial Facebook Messenger yang berhubungan dengan Facebook tidak ikut disegani. Di sini, para pengguna Facebook dapat saling terkoneksi dalam sistem chatting yang seru.

7. Line

Tingkat penggunaan: 44,3%

Berbicara mengenai chatting, kamu pasti tidak asing lagi dengan media sosial Line asal Jepang yang menghadirkan ragam kemudahan untuk bertukar teks, gambar, video, audio dan lainnya. Tanpa terkecuali menambah teman baru di lingkungan sekitar melalui fitur People Nearby. Sepertinya para pengguna di Indonesia pun tertarik dengan fitur ini, nih!

8. LinkedIn

Tingkat penggunaan: 39,4%

Pada akhirnya, setiap individu manusia berupaya keras untuk meningkatkan kualitas hidup khususnya di area karier. LinkedIn asal Amerika Serikat membantu para pengguna untuk dapat memperluas professional networking, mengembangkan jenjang karier, serta proses pencarian kerja. Bagaimana mungkin orang Indonesia menolak media sosial ini, bukan?

BACA JUGA: 6 Cara Mengoptimalkan Media Sosial Bisnis Anda

9. TikTok

Tingkat penggunaan: 38,7%

Di era digital sekarang ini, konten video dapat dikatakan sebagai pusat interest di dunia content marketing. Berdasarkan studi Cisco, video akan meliputi 82% dari semua lalu lintas online pada 2022. No wonder, TikTok yang berdiri pada 2016 akhirnya meraih antusias yang sangat tinggi hingga tahun 2021. Are you also an Indonesian TikToker?

10. Pinterest

Tingkat penggunaan: 35,6%

Persaingan konten dalam format video dan gambar memang terbilang sengit. Meski begitu, visual dalam bentuk image masih menarik perhatian pengguna media sosial di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, Pinterest menjadi pilihan yang masih membekas di benak hati pengguna terhitung sejak tahun 2009. Sudah mencapai satu dekade lebih!

Sumber : https://www.popbela.com/

Share